Iklan dempo dalam berita

Info Mudik Gratis? Cek di Sini Link Mudik Gratis Lebaran 2024 Lengkap

Info Mudik Gratis? Cek di Sini Link Mudik Gratis Lebaran 2024 Lengkap

Info Mudik Gratis? Cek di Sini Link Mudik Gratis Lebaran 2024 Lengkap--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Info mudik gratis? cek di sini link mudik gratis lebaran 2024 lengkap! Simak juga keuntungan mudik gratis dan apa yang perlu dipersiapkan.

BACA JUGA:Program Mudik Gratis Pertamina 2024, Syarat dan Cara Pendaftarannya, Serta Tips Mudik Nyaman dan Aman

Berbagai program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun daerah kembali dibuka pada perayaan Lebaran kali ini, memberikan akses yang lebih mudah bagi para pemudik dengan berbagai tujuan kota seperti Yogyakarta, Malang, Semarang, Palembang, hingga Lampung, yang akan diangkut menggunakan berbagai moda transportasi.

BACA JUGA:Info Mudik Gratis? Cek di Sini Mudik Gratis 2024 Jasa Raharja, Lengkap dengan Cara serta Syaratnya

Daftar program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Pemerintah Provinsi DKI meliputi beberapa aspek yang mencakup moda transportasi darat, laut, dan juga kerja sama dengan perusahaan BUMN.

BACA JUGA:Yuk Daftar Mudik Gratis BRI 2024, Begini Cara serta Syaratnya, Gausah Galau Soal Biaya Mudik! Lebaran 2024

1. Program Mudik Gratis Darat Kemenhub

Kemenhub menyelenggarakan program mudik gratis jalur darat pada tahun ini dengan kuota 30.088 orang dan 900 unit sepeda motor. Terdapat 592 armada bus arus mudik dengan 33 kota tujuan dan 130 armada bus arus balik dengan 9 kota asal.

BACA JUGA:Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Part 2 dan Tambah 10.000 Kuota Menggunakan Bus

Pendaftaran untuk program ini dibuka mulai Rabu (6/3) pukul 12.00 WIB siang hingga tanggal 3 April 2024 atau sampai kuota terpenuhi.

Peserta mudik gratis Kemenhub diwajibkan memenuhi sejumlah syarat. Pertama, pendaftaran hanya dilakukan secara online melalui Mitra Darat. Kedua, peserta harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah saat mendaftar. Ketiga, peserta hanya dapat memilih satu kota tujuan mudik.

BACA JUGA:Mau Mudik Lewat Jalur Darat? Ini Mudik Gratis 2024 Terbaru Bus, Kemenhub Tambah 10.000 Kuota Mudik Gratis 2024

Keempat, peserta mudik gratis harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

Sementara itu, peserta yang melakukan mudik-balik dengan sepeda motor, diwajibkan membawa surat-surat kendaraan (STNK dan SIM) serta perlengkapan berkendara, dan menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu hari sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: