Iklan dempo dalam berita

Sudah Ada Korban, Apa Penyebab Petir Menyambar Rumah? Begini Penjelasannya

Sudah Ada Korban, Apa Penyebab Petir Menyambar Rumah? Begini Penjelasannya

Penyebab petir menyambar rumah, penting untuk tahu--

Ini membuat penting untuk menjauhi perangkat-perangkat tersebut dan melepaskan alat-alat elektronik yang tersambung dengan stop kontak.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menjauhi keran, pintu, dan jendela yang terbuat dari bahan metal saat hujan disertai petir.

Meskipun sebagian besar rumah menggunakan pipa plastik PVC untuk saluran air, jika Anda masih menggunakan pipa besi, sebaiknya itu juga dihindari karena dapat menjadi jalur konduktif untuk petir.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat mengurangi risiko tersambar petir dan meningkatkan keselamatan saat berada di dalam rumah selama badai petir.

Jika Anda menduga rumah Anda tersambar petir saat badai dan semua peralatan listrik Anda berhenti berfungsi, berikut beberapa tanda dan langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikannya:

1. Kerusakan Fisik 

Periksa bagian luar rumah Anda. Petir dapat menyebabkan kerusakan yang terlihat seperti area yang hangus atau meledak, sirap yang hilang, atau lubang pada atap atau dinding.

BACA JUGA:Desas-desus Dibekali dengan Chipset Tangguh Snapdragon 8 Gen 3, Ini Spesifikasi Oneplus Ace 3 Pro

2. Lonjakan Listrik 

Jika beberapa peralatan listrik atau elektronik rusak atau tidak berfungsi, hal ini mungkin disebabkan oleh lonjakan listrik yang disebabkan oleh sambaran petir.

3. Pemutus Arus Tersandung 

Periksa panel listrik Anda. Petir dapat menyebabkan pemutus arus putus atau sekring putus. Jika Anda melihat banyak pemutus arus yang tersandung atau sekring putus, ini mungkin merupakan indikator.

4. Bau Terbakar 

Bau terbakar yang menyengat di dalam rumah dapat menjadi tanda sambaran petir, karena aliran listrik dapat menyebabkan kebakaran kecil atau menghanguskan material.

BACA JUGA:Modal Nikah Masih Kurang? Wujudkan dengan Pinjaman Dana Nikah Syariah, Ini 10 Rekomendasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: