Iklan dempo dalam berita

Wajib Dicatat Bagi Pemudik! Ini Jadwal dan Lokasi Contraflow Mudik 2024 Terbaru

Wajib Dicatat Bagi Pemudik! Ini Jadwal dan Lokasi Contraflow Mudik 2024 Terbaru

Jadwal dan lokasi contraflow arus mudik lebaran--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Wajib dicatat bagi pemudik! ini jadwal dan lokasi contraflow mudik 2024 terbaru.

Saat arus mudik dan balik Lebaran 2024, akan diberlakukan sistem lajur pasang surut atau contraflow di jalan tol untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan. 

Hal ini menjadi salah satu rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan untuk mendukung kenyamanan, keamanan, dan keselamatan para pemudik. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara (Kakorlants Polri) telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024.

BACA JUGA:Bunga Pinjaman KTA Maybank Bagi Nasabah Reguler, Tentukan Tenor Angsuran dan Segini Biaya Provisinya

Nah, bagi sahabat camkoha yang belum mengetahui apa itu contraflow dan bagaimana skemanya, simak berikut. 

Contraflow adalah sebuah metode pengaturan lalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dengan memanfaatkan jalur arah berlawanan.

Hal ini dilakukan dengan membuat satu atau beberapa jalur berlawanan arah dengan arah normalnya, sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan ruang jalan saat kondisi lalu lintas sangat padat.

Penerapan contraflow biasanya terjadi ketika kemacetan sudah mencapai tingkat yang parah atau jumlah kendaraan di jalan sudah cukup padat.

Misalnya, jika jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan telah mencapai lebih dari 5.500 unit, maka dapat diterapkan contraflow dengan satu jalur.

BACA JUGA:Cara Mengajukan Pinjaman di Maybank Rp 100 Juta Lewat Kredit Tanpa Agunan, Bayar Cicilan hingga 5 Tahun

Jika jumlah kendaraan melebihi 6.000 unit, maka dapat diterapkan contraflow dengan dua jalur, dan jika jumlah kendaraan mencapai 7.000 unit ke atas, bisa diterapkan contraflow dengan tiga jalur. Skema ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lalu lintas yang ada di lapangan.

Adapun skema penerapan contraflow umumnya melibatkan metode berikut:

1. Temporary Divider (Pembatas Sementara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: