Iklan dempo dalam berita

Fakta Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Merayakan Lebaran Idul Fitri Hari Ini, Ternyata Ini Alirannya

Fakta Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Merayakan Lebaran Idul Fitri Hari Ini, Ternyata Ini Alirannya

Fakta Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Merayakan Lebaran Idul Fitri Hari Ini, Ternyata Ini Alirannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut Fakta-fakta tentang jemaah-aolia-gunung-kidul, Yogyakarta, yang telah menggelar salat Idul Fitri 1445 Hijriah hari ini, Jumat (5/4/2024).

Salat Id ini digelar di lokasi rumah imam Masjid Aolia, tepatnya di Panggang III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul.

Sekitar pukul 06.00 WIB, ratusan Jamaah datang dan memenuhi area lokasi digelarnya Salat Id. Gema takbir terus dikumandangkan sebagai bentuk menyambut hari kemenangan.

BACA JUGA:Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Rayakan Lebaran Idul Fitri 5 Hari Lebih Cepat, Kok Bisa?

Sejumlah keamanan dari TNI/Polri dan organisasi kemasyarakatan menjaga keamanan Jamaah selama melaksanakan Salat.

Sebelumnya, pada Kamis, 4 April 2024, suasana Masjid Aolia di Padukuhan Panggang III, Kelurahan Giriharjo, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, dipenuhi dengan semangat perayaan menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan menggelar Takbiran lebih awal.

BACA JUGA:Praktis dan Ekonomis, Ini 9 Rekomendasi Catering Murah saat Lebaran di Jogja

Dalam acara yang dihadiri sekitar kurang lebih 50 orang tersebut, dipimpin oleh tokoh agama, KH. Ibnu Hajar Pranolo, atau akrab disapa Mbah Benu, sebagai pimpinan pusat Jamaah Aolia.

Kegiatan dimulai pukul 19.00 WIB dengan pelaksanaan salat Isya yang dipimpin oleh Mbah Benu sendiri. Takbiran pun dimulai tepat pukul 19.30 WIB, dipimpin langsung oleh Mbah Benu, diikuti dengan penuh khidmat oleh para pengikut Jamaah.

Yang menarik perhatian adalah keputusan jamaah Aolia untuk tidak melakukan tradisi takbir keliling, serta tidak menggunakan alat pengeras suara dalam pelaksanaannya, seperti tradisi yang telah berlangsung bertahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Kirim Hampers untuk yang Tersayang, Ini Tempat Jual Hampers Lebaran di Bandung, Bisa Kirim Online

Mereka percaya bahwa perayaan ini adalah ekspresi dari keimanan dan kebersamaan dalam beribadah, tanpa harus terikat pada tradisi yang telah ada. Sebuah langkah yang diambil dengan keyakinan dan kepercayaan penuh kepada Allah SWT.

Sebelumnya, Jemaah Aolia juga telah menjalani puasa Ramadhan 2024 lebih dulu. Komunitas agama Islam ini melaksanakan salat tarawih pertama pada Rabu malam, 6 Maret 2024 dan mulai puasa Ramadhan pertama pada Kamis, 7 Maret 2024.

Pelaksanaan puasa Jemaah Aolia ini selisih 5 hari dari jadwal puasa Ramadhan yang ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada 12 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: