Iklan dempo dalam berita

Cek 13 Poin Penting Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik, agar Perjalanan Lancar

Cek 13 Poin Penting Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik, agar Perjalanan Lancar

Pemeriksaan yang perlu dilakukan sebelum kendaraan dipakai mudik--

Ada baiknya lakukan servis menyeluruh di bengkel sebelum mudik dilakukan. Hal ini salah satunya mengantisipasi kemungkinan ditemukan komponen rusak atau tidak layak. Jika kondisi komponen sudah memprihatinkan, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru.

BACA JUGA:Pinjaman Bukan KUR BRI Plafon Rp 250 Juta Untuk Pelaku UMKM, Bunga Pinjaman 0,9 Persen per Bulan

4. Pastikan kerja pendingin udara optimal

Mobil yang dipakai untuk perjalanan jarak jauh sebaiknya memiliki pendingin udara yang masih bekerja bagus. Perjalanan siang hari dapat membuat suhu kabin menjadi panas. Pendingin udara atau AC yang sejuk akan membantu memberikan kenyamanan berkendara.

5. Periksa tekanan dan kondisi permukaan ban

Tekanan ban perlu diatur dengan tepat dalam perjalanan jauh. Di samping itu, kondisi ban sebaiknya masih memiliki ulir yang aman untuk dikendarai dalam waktu panjang. Jika permukaan sudah halus, atau muncul benjol, segera lakukan penggantian demi keselamatan berkendara.

6. Periksa performa mobil

Perawatan mobil sebelum mobil tidak hanya terkait bagian mesin saja. Pengguna juga sebaiknya memperhatikan performa dari shock absorber, air wiper, nyala lampu, dan sebagainya. Semua pendukung berkendara ini sangat penting artinya saat dipakai di jalanan.

BACA JUGA:Spesifikasi iQOO Z9 Turbo, Bakal Bawa Chipset Snapdragon 8s Gen 3 dan Baterai 6000 mAh

7. Aki atau Baterai

Pastikan aki mobil dalam kondisi yang baik dan terisi penuh dengan air aki jika masih menggunakan aki basah. Kamu juga bisa memeriksa kabel-kabel aki apakah ada korosi atau konsleting yang dapat mengganggu kinerja aki mobil, juga tegangan atau aliran listrik aki sudah mengalami pelemahan atau tidak.

8. Filter Bensin

Filter bensin juga salah satu hal yang bisa diperiksa sebelum perjalan jauh. Pemerikasaan ini perlu dilakukan karena apabila filter sudah kotor akan berdampak ke mobil susah nyala, laju tersendat, hingga mogok. Pengecekannya biasanya bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat untuk mengetahui tekanan bensin atau fuel-pressure.

9. Timing dan Belt Kipas

Jika mobil sudah mencapai jarak tempuh tertentu, pastikan timing belt & belt kipas sudah diganti sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pastikan timing belt tidak kendor atau rusak karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan mengganggu kinerja pendingin mesin mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: