Iklan dempo dalam berita

Bukan hanya Teori, Ini Contoh Ajaran serta Konsep Sufi

Bukan hanya Teori, Ini Contoh Ajaran serta Konsep Sufi

Contoh ajaran sufi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bukan hanya teori, ini contoh ajaran serta konsep Sufi

Sufisme atau tasawuf adalah gerakan dalam Islam yang mengajarkan ilmu cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, membangun lahir dan batin, serta untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi. 

Pada awalnya, tasawuf merupakan gerakan zuhud (menjauhi hal duniawi) dalam Islam, dan dalam perkembangannya melahirkan tradisi mistisme Islam. 

Sufisme merupakan konsep dalam Islam yang didefinisikan oleh para ahli sebagai bagian batin, dimensi mistis Islam; yang lain berpendapat bahwa sufisme adalah filosofi perenial yang telah ada sebelum kehadiran agama, ekspresi yang berkembang bersama agama Islam.

BACA JUGA:Ternyata Ini Syarat KTA DBS Disetujui dan Bisa Cair Rp 100 Juta, Cek Besaran Bunga dan Tenor

Beberapa contoh ajaran dan konsep dalam sufisme

1. Empat Tingkatan Spiritual

Sufisme mengajarkan empat tingkatan kedalaman beragama, yaitu syariat (hukum Islam), tariqah (jalan spiritual), hakikat (hakikat keberadaan), dan ma’rifat (pengetahuan tentang Tuhan).

2. Paham Kesatuan Wujud

Konsep ini menekankan bahwa segala sesuatu berasal dari Tuhan dan pada akhirnya akan kembali ke-Nya. Para sufi percaya bahwa semua makhluk mencerminkan keberadaan Tuhan.

3. Kesenian Sufi

Seni dan musik dalam sufisme digunakan sebagai sarana untuk mencapai pengalaman spiritual dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Misalnya, zikir (pengulangan nama Tuhan) dan sama (ritual tarian dan musik sufi).

BACA JUGA:KTA Tanpa Kartu Kredit, Ini 5 Langkah Mudah Mengajukan Pinjaman Lewat Digibank by DBS

Sufisme juga memiliki banyak tokoh terkenal, baik di dunia maupun di Indonesia. Mereka mengajarkan berbagai ajaran dan praktik spiritual yang memperkaya pemahaman tentang Islam dan kehidupan batin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: