Iklan dempo dalam berita

Harta Karun di Bengkulu, Wilayah Ini Memiliki Cadangan Emas Melebihi Freeport

Harta Karun di Bengkulu, Wilayah Ini Memiliki Cadangan Emas Melebihi Freeport

Wilayah Kabupaten Seluma yang disebut memiliki potensi emas melebihi Freeport--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMHarta karun di Bengkulu, wilayah ini memiliki cadangan emas melebihi Freeport.

Provinsi Bengkulu memiliki cadangan emas yang luar biasa. Sayangnya cadangan tersebut belum digarap sampai saat ini, dengan berbagai alasan. 

Meski demikian beberapa perusahaan sudah berniat menggarap potensi ini, walaupun nyatanya sampai sekarang area yang disebut menyimpan emas itu masih berupa hutan lebat. Wilayah yang dimaksud berada di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:HP OPPO Terbaru Harga Rp 2 Jutaan, Ini Daftar 6 Mereknya, Lengkap dengan Sejumlah Spesifikasi

Sebelumnya dikabarkan investor tambang emas di Kabupaten Seluma PT. Energi Swa Dinamika Muda tengah mengurus izin eksploitasi dan Amdal di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Lantaran lokasi tambang emas yang masih dalam tahap eksplorasi ini berada di 3 titik, yakni di Ulu Alas Kecamatan Semidang Alas, Ulu Talo di Kecamatan Talo dan di Ulu Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma ketika itu, Sudarman menyebut, ketiga titik lokasi potensi tambang emas ini, seluruhnya berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul yang masih dalam deretan bukit barisan di wilayah sebelah utara Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Benarkah Ada Tambang Emas di Gunung Padang? Begini Penjelasannya, Mitos atau Fakta?

Sebelumnya di tahun 2005 lalu, lokasi adanya potensi tambang emas ini, berdasarkan penelitian dalam kontrak karya oleh PT. Perisai Prima Utama dan  PT. Berrick Service Internasional dari Australia mencakup empat kabupaten.

Terdiri dari Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur hingga Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan, dengan luas mencapai 240.000 hektare.

Namun dari keempat kabupaten ini, hanya Kabupaten Seluma yang memiliki prospek kandungan emas terbanyak yakni seluas 31.000 hektare yang berbatasan dengan Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Salah Satu Situs Tertua di Dunia, Begini Sejarah dan Asal Usul Gunung Padang

Setiap blok penambangan ada potensi sekitar 5 ribu hektare dengan cadangan potensi emasnya mencapai 2 juta ons troy dan perak mencapai 2,7 juta ons troy.

“Lokasi potensi tambang emas yang ada di Kabupaten Seluma ini berada di 3 titik, yakni di Ulu Alas Kecamatan Semidang Alas, Ulu Talo di Kecamatan Talo dan di Ulu Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, namun seluruhnya berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul yang masih dalam deretan bukit barisan di wilayah sebelah utara Kabupaten Seluma,” terang Sudarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: