Iklan dempo dalam berita

Amankan Sisa Tabungan! Ini 8 Tips Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

Amankan Sisa Tabungan! Ini 8 Tips Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

Tips kelola keuangan pasca lebaran--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Amankan sisa tabungan! Ini 8 tips mengatur keuangan pasca Lebaran.

Lebaran menjadi salah satu momen yang bagi sebagian besar masyarakat mungkin menghabiskan jatah keuangan cukup besar untuk mudik maupun bagi-bagi rejeki ke sanak saudara. 

Dengan berakhirnya libur Lebaran, menandakan bahwa kamu akan kembali ke aktivitas masing-masing, termasuk berbenah keuangan. Untuk itu, kamu perlu kembali mengatur keuangan pasca Lebaran, agar uang yang diperoleh bisa kembali dipergunakan secara bijak. Selain itu, jikapun ada tabungan, maka akan tetap aman.

BACA JUGA:Daftar 9 Pinjol Syarat KTP, Legal Tanpa DC Lapangan, Cocok Solusi Dana Mendesak

Lantas, apa saja tips berbenah atau mengatur kembali keuangan pasca Lebaran?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan setelah Lebaran. 

1. Evaluasi Pengeluaran Lebaran

Evaluasi pengeluaran Lebaran tidak hanya sekadar menghitung total belanja, tetapi juga mengidentifikasi pola pengeluaran yang bisa dioptimalkan di masa mendatang. 

Misalnya, kita dapat meninjau belanja baju baru. Apakah kita benar-benar membutuhkan semua pakaian baru tersebut, ataukah mungkin ada cara untuk lebih hemat, seperti misalnya memanfaatkan diskon atau membeli barang bekas yang masih dalam kondisi bagus.

2. Prioritaskan Utang

Jika kita memiliki utang dari belanja Lebaran atau lainnya, penting untuk mengutamakan pelunasan utang tersebut. Misalnya, jika kita memiliki cicilan untuk pembelian barang elektronik selama Lebaran, kita dapat mengalokasikan sebagian dari pendapatan bulanan untuk melunasi cicilan tersebut lebih cepat. 

Hindari untuk menambah utang baru kecuali dalam keadaan mendesak yang benar-benar tidak bisa dihindari.

3. Hemat di Berbagai Aspek

Ada banyak cara untuk menghemat di berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita bisa mengurangi frekuensi makan di luar dengan lebih sering memasak di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: