Iklan dempo dalam berita

11 Harta Karun Tersembunyi di Kerajaan Sriwijaya di Palembang dan Penemuan Harta Karun di Indonesia

11 Harta Karun Tersembunyi di Kerajaan Sriwijaya di Palembang dan Penemuan Harta Karun di Indonesia

Penemuan harta karun peninggalan Kerajaan Sriwijaya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 11 harta karun tersembunyi di Kerajaan Sriwijaya di Palembang dan penemuan harta karun di Indonesia.

Kebanyakan harta karun yang ditemukan berupa benda-benda peninggalan sejarah zaman Kerajaan Sriwijaya yang diambil dari Sungai Musi.

Dulunya, Sungai sepanjang 750 kilometer itu menjadi awal terjadinya pusat perdagangan atau jalur sutra di Asia Tenggara antara abad ketujuh sampai 10.

Sebelumnya, para nelayan juga telah menemukan harta karun yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya saat melakukan penyelaman malam hari di Sungai Musi. Para nelayan menemukan batu permata, cincin upacara emas, koin, dan lonceng perunggu biarawan.

BACA JUGA:Harta Karun Tersembunyi, Ini 6 Tambang Emas di Indonesia selain Freeport

Salah satu penemuan yang paling luar biasa sejauh ini adalah patung Buddha abad ke-8 berukuran nyata yang bertatahkan permata berharga miliaran rupiah.

Penulis sekaligus Arkeolog maritim Inggris yang mengungkap penemuan harta karun Kerajaan Sriwijaya, Dr Sean Kingsley dalam penelitiannya mengatakan bahwa beberapa tahun itu, hal-hal luar biasa telah muncul.

Kingsley menggambarkan harta karun itu sebagai bukti definitif bahwa Sriwijaya adalah "dunia air", orang-orangnya tinggal di sungai seperti manusia perahu modern, seperti yang dicatat oleh teks-teks kuno.

Dengan temuan ini, Kingsley menyebut bahwa para nelayan lokal yang akhirnya berhasil membuka rahasia Sriwijaya. Studi Sriwijaya merupakan bagian dari publikasi musim gugur setebal 180 halaman yang berfokus pada Tiongkok dan Jalur Sutra Maritim.

BACA JUGA:Cicilan Wuling Alves, Terendah hanya Rp 3 Jutaan, Tenor Panjang dengan Segudang Spesifikasi

Dilansir dari Daily Mail, Sumatera pada zaman dahulu disebut sebagai Pulau Emas karena kaya akan deposit emas dan sumber daya alam.

Peningkatan perdagangan lewat terbukanya pasar China membuat permintaan ekspor komoditas dari Indonesia ke China seperti Artefak patung Buddha yang banyak ditemukan.

Daftar harta karun Kerajaan Sriwijaya di Palembang

1. Batu Permata dan perhiasan emas yang ditemukan di Sungai Musi, Palembang antara abad ke-8 sampai 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: