Iklan dempo dalam berita

Memiliki Cadangan Ratusan Juta Ton Nikel, Ini 7 Daerah Penghasil Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

Memiliki Cadangan Ratusan Juta Ton Nikel, Ini 7 Daerah Penghasil Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

7 Daerah Penghasil Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia--

6. Papua

Papua memiliki tambang nikel seluas 16.470 ha.  Tidak hanya nikel, Papua juga dikenal sebagai daerah dengan kekayaan sumber daya alamnya. Bahan-bahan tambang seperti emas, tembaga, besi, minyak bumi, sampai gas alam bisa ditemukan di wilayah ini.

7. Papua Barat

Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Papua Barat, tepatnya berada di Pulau Gag yang terkenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah perkebunan, tambang, hasil hutan, dan eco-wisata.

Namun kegiatan pertambangan yang dilakukan di Pulau Gag hanya sebatas eksplorasi dan observasi hasil tambang nikel saja. Tercatat, luas daerah penghasil nikel di Papua Barat sebesar 22.636 ha.

BACA JUGA:Cara Pengajuan KUR BSI 2024, Bisa via Offline dan Online, Ini Tabel Cicilan Pinjaman Rp25-50 Juta

Sementara itu, logam nikel memiliki banyak manfaat di berbagai bidang dan industri, seperti bangunan, sistem pasokan air, makanan, industri energi, industri kimia, alat transportasi, komponen elektronik, peralatan medis, dan sebagainya. 

Berikut manfaat dan penggunaan nikel dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pembuatan Baterai

Nikel digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan baterai, khususnya baterai lithium-ion yang umum digunakan pada kendaraan listrik. 

Nikel diproses bersama kobalt dan mangan dalam pembuatan baterai lithium-ion karena kepadatan energi yang tinggi, ketahanan terhadap korosi, dan harga yang relatif terjangkau dibandingkan bahan baku lain.

BACA JUGA:Pinjaman Online BantuSaku, Syarat dan Pencairan Mudah, Pinjaman Dana Rp 1-10 Juta Bunga Ringan

2. Pembuatan Peralatan Dapur

Nikel juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat dapur, seperti sendok, garpu, wajan, dan lain sebagainya. Nikel cocok dipakai sebagai bahan dasar peralatan dapur karena bersifat tahan terhadap suhu dan oksidasi serta anti-karat.

3. Pembuatan Koin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: