Iklan dempo dalam berita

Banyak Simpanan Harta Karun Emas dan Perak di Halmahera Maluku Utara, Segini Gaji Pekerja Tambang di Sana

Banyak Simpanan Harta Karun Emas dan Perak di Halmahera Maluku Utara, Segini Gaji Pekerja Tambang di Sana

Cadangan emas dan perak di Halmahera Maluku Utara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Banyak simpanan harta karun emas dan perak di Halmahera Maluku Utara, ternyata segini gaji pekerja tambang di sana.

Tambang emas Gosowong yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, merupakan operasi penambangan yang dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). 

Perusahaan ini didirikan berdasarkan Kontrak Karya dengan Pemerintah Indonesia yang ditandatangani pada tanggal 28 April 1997. 

BACA JUGA:7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

NHM mengelola wilayah kerja seluas 29.622 hektar di Halmahera Utara dan saat ini berfokus pada penambangan emas di dua unit tambang bawah tanah, yaitu Kencana dan Toguraci. Metode penambangan yang digunakan mencakup cut & fill dan stoping.

Sejarah NHM dimulai pada tahun 1994, ketika Newcrest Mining Ltd, sebuah perusahaan pertambangan dari Australia, dan Antam (PT Aneka Tambang Tbk.) bekerja sama untuk menemukan kandungan emas di Pulau Halmahera. 

Pada tahun yang sama, mereka berhasil menemukan kandungan emas bernilai ekonomis di daerah Gosowong.

Berdasarkan kontrak karya bersama Pemerintah Indonesia, NHM mulai menghasilkan emas dari tambang terbuka Gosowong pada bulan Juli 1999.

BACA JUGA:Terbaru! Ini Tabel KUR Mandiri 2024 dengan Pinjaman Sampai Rp 250 Juta, Lengkap Syarat hingga Cara Pengajuan

Pada awal tahun 2020, PT Indotan Halmahera Bangkit mengambil alih mayoritas kepemilikan saham NHM dari Newcrest.

Dengan manajemen baru bersama Indotan, NHM semakin menekankan komitmennya terhadap keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan, dan kontribusi aktif terhadap pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah tambang.

Gosowong merupakan salah satu daerah penghasil emas terkemuka di Indonesia, dengan cadangan emas sekitar 26,9 ton.

Pulau Halmahera secara keseluruhan masuk dalam daftar pulau dengan harta karun terbesar di Indonesia, yang tentunya termasuk tambang emas yang dikelola oleh NHM. 

Manajemen NHM terus berupaya menjalankan operasional dengan tanggung jawab dan berkontribusi positif bagi masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: