Iklan dempo dalam berita

Catat! Ini Waktu yang Baik Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Apa Keistimewaannya?

Catat! Ini Waktu yang Baik Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Apa Keistimewaannya?

Waktu yang baik berhubungan suami istri menurut Islam--

Dalam penjelasan perkara tersebut, Ibnu Katsir menukil pendapat dari as-Suddi sebagai berikut:

Banyak sahabat Nabi merasa senang jika mereka melakukan hubungan pada tiga waktu tersebut, kemudian mereka mandi dan keluar rumah untuk melaksanakan salat. Karena itu Allah melarang para hamba sahaya dan anak-anak untuk memasuki kamar majikan dan orang tua mereka pada tiga waktu di atas kecuali jika telah mendapatkan izin.”

Akan tetapi pada hukum asalnya, Al-Qur’an tidak memberikan batasan pelaksanaan hubungan suami istri.

BACA JUGA:Ini Formasi CPNS Kejaksaan 2024 Lulusan SMA/SMK, Syaratnya Mudah Jangan Sampai Terlambat Daftar

Hubungan suami istri dapat dilakukan kapanpun selagi tidak dalam keadaan wanita haid, saat ihram, dan wanita tengah haid. 

Selain itu, hubungan mendekati waktu salat sebaiknya dihindari, karena hukumnya makruh. Ditakutkan suami-istri justru meninggalkan salat, padahal termasuk perkara kewajiban.

Selanjutnya, Ibn al-Jauzi dalam kitab al-Tibb al-Nabawi menjelaskan waktu yang baik untuk melakukan hubungan bagi suami-istri adalah awal malam. Dalam pandangan Ibn al-Jauzi, waktu awal malam dianggap tepat karena proses pencernaan makanan di dalam perut sudah selesai.

Di sisi lain, hubungan suami istri sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan lapar, perut masih kenyang, badan letih, sakit, dan jiwa nan gelisah. Sebagai contoh, berhubungan suami istri ketika waktu kenyang dalam mengakibatkan penyakit penggumpalan darah.

BACA JUGA:Hubungan Suami Istri Sebaiknya Seminggu Berapa kali Menurut Islam? Ini Hari yang Dianjurkan Berhubungan

Kemudian Abu Abdullah Muhammad menjelaskan bahwa waktu terbaik berhubungan suami-istri adalah di awal atau akhir malam.

Namun yang lebih baik ialah di awal malam, karena menyisakan banyak waktu untuk mandi junub sebelum datangnya akhir malam atau mendekati waktu Salat Subuh.

Apabila hubungan dilakukan di akhir malam setelah tidur, tentu mulut dan hidung mengeluarkan bau tidak sedap dari gas pencernaan. Hal ini ditakutkan menimbulkan perasaan tidak senang di hati. Dan secara psikologis mengurangi gairah seksual.

Sedangkan untuk malam yang baik melakukan hubungan saumi istri menurut Islam adalah malam Jumat.

BACA JUGA:Suami Istri Harus Paham, Begini Cara Berjima Tahan Lama Menurut Pandangan Islam, Ada juga Doanya

Namun, semua malam baik untuk jimak suami-istri. Anjuran berhubungan di malam Jumat termuat di hadis dalam kitab Shuab al-Iman karya al-Baihaqi dari riwayat Abu Hurairah dari Rasulullah Saw. sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: