Iklan dempo dalam berita

Luar Biasa, Ada 2 Miliar Ton Cadangan Harta Karun Emas dan Tembaga di Tambang Onto Kabupaten Dompu NTB

Luar Biasa, Ada 2 Miliar Ton Cadangan Harta Karun Emas dan Tembaga di Tambang Onto Kabupaten Dompu NTB

Harta Karun Emas dan Tembaga di Tambang Onto Kabupaten Dompu NTB--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sungguh sangat luar biasa, ternyata ada 2 miliar ton cadangan harta karun emas dan tembaga di tambang onto kabupaten dompu NTB.

Salah satu perusahaan tambang menemukan cadangan sumber daya emas yang jumlahnya diperkirakan 2 miliar ton di Tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Jadi Buruan Warga, Ini 3 Gunung di Dunia yang Memiliki Harta Karun Emas, Termasuk Gunung di Indonesia

Temuan ini sempat menghebohkan Indonesia. Harta Karun 2 miliar ton sumber daya emas tersebut ditemukan oleh perusahaan pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7, yakni PT Sumbawa Timur Mining (PT STM). 

PT STM memegang KK tambang Onto ini sejak 1998. Dengan begitu, perusahaan tersebut telah melakukan eksplorasi selama 24 tahun.

BACA JUGA:Ternyata Seperti Ini Ciri Sungai yang Miliki Kandungan Harta Karun Emas, Siapa Tahu Ada di Dekat Tempat Anda

Lantas, bagaimana fakta mengenai temuan ini?

Laporan terakhir yang diberikan perusahaan pada akhir tahun 2022 lalu menyatakan bahwa proses kegiatan eksplorasi di wilayah tersebut masih berlangsung. Utamanya untuk memastikan peningkatan status sumber daya.

“Kalau dari press release-nya yang terakhir memang 2022, jadi secara sumber daya belum ada peningkatan lagi, namun perusahaan masih melakukan kegiatan eksplorasi berupa pemboran untuk peningkatan status sumber daya,” terang Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batubara.

BACA JUGA:Di 7 Daerah Ini Banyak Terkubur Harta Karun Perak, Bagaimana dengan Masyarakatnya?

Sebelumnya, Presiden Direktur STM, Bede Evans mengatakan potensi sumber daya mineral Onto merupakan bagian dari Proyek Hu’u milik PT STM yang merupakan pemegang Kontrak Karya generasi ke-7. Proyek tersebut ditandatangani Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998.

PT STM dimiliki oleh Vale S.A. (80%) melalui Eastern Star Resources Pte Ltd, dan sisanya dimiliki oleh perusahaan tambang PT Antam Tbk (20%), yang merupakaan salah satu holding tambang BUMN di bawah MIND ID.

BACA JUGA:Luar Biasa! 7 Daerah Ini Menyimpan Harta Karun Tembaga yang Bisa Bikin Seluruh Penduduknya Kaya Raya

“Saat ini tim engineering kami terus mengembangkan berbagai opsi bagaimana Proyek Hu’u ke depannya dapat dikembangkan menjadi sebuah proyek penambangan,” ujarnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: