Iklan dempo dalam berita

Pasokan Berkurang, Harga Bawang Merah di Bengkulu Tembus Rp70 Ribuan Per Kg

Pasokan Berkurang, Harga Bawang Merah di Bengkulu Tembus Rp70 Ribuan Per Kg

Harga Bawang Merah di Bengkulu Tembus Rp70 Ribuan Per Kg --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Hari kedelapan pasca perayaan Idul Fitri 2024, harga sejumlah komoditi bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit setan, cabai rawit hijau dan tomat di pasar mengalami kenaikan.

BACA JUGA: Primadona Bagi Masyarakat yang Butuh Pinjaman Dana Cepat, Produk Gadai Emas Pegadaian di Bengkulu Terfavorit

Untuk harga bawang merah saat ini terus mengalami kenaikan dari sebelumnya 60 ribu rupiah per kilogram, saat ini sudah tembus diharga 70 ribu rupiah per kilogram.

Herleni Sidauruk salah seorang pedagang di Pasar Panorama Bengkulu mengatakan,  pada momen ramadan lalu harga bawang merah kisaran 30 sampai 35 ribu rupiah per kilogram  tergantung ukuran dan kualitas bawang.

BACA JUGA:Coba Ajukan KUR Pegadaian Syariah 2024, Bunga Ringan Bisa Pinjam Rp 10 Juta, Simak Tabel Angsurannya

Selain Bawang Merah, Bawang Putih juga mengalami kenaikan harga 40 ribu rupiah per kilogram,dari sebelumnya kisaran 36 sampai 38 ribu rupiah per kilogram sesuai ukuran dan kualitas bawang.

“Normalnya sebelum lebaran kmaren 36 atau 38 per kilogramnya kalo sekarang jauh ningkat dari 60 ke 70 ribu per kilogram kualitas bawangnya juga ukuran sedang. Bawang Putih juga naik tapi masih stabil hanya seribu dua ribu saja tidak seperti bawang merah naik secara signifikan pasokan juga sudah mulai berkurang cuman ini saja, hanya beberapa kilo,” ujarnya (17/4) 

BACA JUGA:Harga Tabungan Emas Pegadaian Hari Ini, Beserta 5 Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bengkulu Sehmi menjelaskan, kenaikan harga bawang merah saat ini dipicu karena wilayah Jawa yakni Brebes yang merupakan daerah pemasok bawang mengalami bencana banjir sehingga para petani mengalami gagal panen. 

BACA JUGA:Segini Harga Jual Emas di Pegadaian Hari Ini, Serta Cara Beli Emas di Pegadaian

“Itu karena memang di Brebes situ habis bencana alam jadi petani gagal panen, komoditi bawang ni hampir semuanya daerah Jawa. Kita ada juga namanya bawang merah batu hampir mirip dengan bawang bombai batu, di daerah Lahat tapi itu tidak mencukupi dan baru masuk di pasaran” ujar Sehmi, Asisten II Pemerintah Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Cicilan Pegadaian Syariah Plafon Rp 8-10 Juta Tenor Mulai 12 Bulan, Ini Batas Usia Pengajuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: