Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Berlian di Indonesia Ada di 7 Lokasi Ini, Jadi yang Terbesar

Harta Karun Berlian di Indonesia Ada di 7 Lokasi Ini, Jadi yang Terbesar

Harta Karun Berlian di Indonesia Ada di 7 Lokasi Ini, Jadi yang Terbesar --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut ini informasi harta-karun berlian di Indonesia ada di 7 lokasi ini, jadi yang terbesar.

Tahukah anda, materi terkeras di muka bumi adalah berlian? Intan atau berlian adalah mineral langka alami yang terdiri dari unsur karbon murni. Karena susunan atom karbon yang sangat kaku dalam struktur kristal, berlian memiliki kekerasan yang tinggi akibat dari tekanan panas di dalam perut bumi.

BACA JUGA:Lokasi Harta Karun Nikel yang Jumlahnya Hingga Miliaran Ton, di Sumatera Ada Jutaan Ton

Berlian juga banyak diminati sebagai batu perhiasan dan sebagai komoditas mewah. Meskipun memiliki reputasi sebagai perhiasan seperti cincin dan kalung, 80 persen berlian yang ditambang ternyata digunakan untuk tujuan penelitian dan industri karena ketangguhan dan kilaunya. Substansi terkeras inilah yakni intan, sering digunakan untuk mata bor, menggiling, atau memotong material sulit lainnya.

Pada dasarnya, mineral ini berasal dari berbagai pipa vulkanis, yaitu kumpulan material di perut dalam bumi dengan tekanan dan temperatur tertentu yang mampu membentuk intan. Kandungan tersebut kemudian digali melalui dua cara, yakni secara manual atau mekanisasi.

BACA JUGA:Daerah yang Punya Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia, Ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan

Namun, kini sebagian besar metode yang digunakan untuk memperoleh intan adalah dengan mekanisasi. 

Sistem ini menggunakan mesin penyedot guna menghisap tanah galian. Kemudian, tanah tersebut disaring atau dipilah dari airnya melalui sebuah tapisan.

Harta Karun Berlian di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa daerah penghasil intan yang tersebar di Indonesia, namun kandungan kimia di dalamnya berbeda satu sama lain.

BACA JUGA:Ini Dia Lokasi Harta Karun Batu Bara di Sumatera Selatan, Sudah Hasilkan Miliaran Ton

1. Kalimantan Utara

Pulau Kalimantan termasuk Provinsi Kalimantan Utara memiliki kandungan intan, terutama di Tanah Borneo. Intan yang dihasilkan disana mempunyai kualitas yang tinggi walaupun masih tergolong baru. Bahkan, kualitasnya pun tidak kalah bagusnya dengan kualitas batu intan yang dihasilkan oleh kawasan pulau Kalimantan yang lain.

Dari hasil pertambangan intan yang berkualitas tinggi di Kalimantan Utara itulah pendapatan nasional meningkat. Pengelolaan pertambangan intan yang terdapat di daerah ini dilakukan oleh banyak perusahaan besar dengan jalinan kerjasama bersama pemerintah setempat dalam rangka berupaya meningkatkan hasil tambang dan memperluas area pertambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: