Iklan dempo dalam berita

Apa Saja Gunung Berapi di Sulawesi Utara? Nomor Lima Status Terbaru Naik jadi Awas!

Apa Saja Gunung Berapi di Sulawesi Utara? Nomor Lima Status Terbaru Naik jadi Awas!

Gunung berapi di Sulawesi Utara--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apa saja gunung berapi di Sulawesi Utara? Nomor lima status terbaru naik jadi awas!

Terdapat beberapa gunung berapi di Sulawesi Utara yang menarik untuk diketahui. Tujuh gunung berapi di Sulawesi Utara sampai saat ini masih saja jadi lokasi pendakian sejumlah orang.

BACA JUGA:Usai Upacara Pembukaan, 159 Calon Paskibraka Seluma Ikut Tes CAT

Berikut ini daftar gunung berapi di Sulawesi Utara yang berdasarkan data terakhir di tahun 2023 lalu masih aktif dengan letusan hingga ada yang menelan korban jiwa, yaitu.

1. Gunung Soputan

Gunung ini terletak di antara kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara. Gunung ini jadi salah satu gunung berapi teraktif di Sulawesi Utara. 

Gunung dengan ketinggian 1.784 meter dari permukaan laut ini terakhir kali meletus pada 16 Desember 2018 dengan mengeluarkan kolom abu letusan tinggi dengan tinggi 7.500 meter di atas puncaknya.

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa, Begini Ciri-ciri Rumah yang Menyimpan Harta Karun Ghaib

2. Gunung Lokon

Gunung Lokon merupakan gunung berapi yang waktu erupsi terjadi diantara 1-3 tahun. Erupsi terbesar sejak 1991 silam. 

Bahaya utama erupsi Gunung Lokon atau bahaya primer (bahaya langsung akibat erupsi) adalah luncuran awan panas, lontaran piroklastik (bom vulkanik, lapili, pasir dan abu) dan mungkin aliran lava. 

Sedangkan bahaya sekunder (bahaya tidak langsung dari erupsi) adalah lahar hujan yang terjadi setelah erupsi apabila turun hujan lebat di sekitar puncak.

3. Gunung Karangetang

Gunung Karangetang di Sitaro naik status menjadi Level II Siaga usai aktivitas vulkanisnya meningkat beberapa waktu lalu. Gunung ini terletak di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro). Pada tahun 2019 lalu, gunung ini mengalami erupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: