Iklan dempo dalam berita

Asal Usul Babi Diciptakan serta Alasan Mengapa Allah Menjadikan Babi Hewan yang Haram

Asal Usul Babi Diciptakan serta Alasan Mengapa Allah Menjadikan Babi Hewan yang Haram

Kenapa Allah SWT menciptakan babi padahal haram--

Analogi yang diberikan oleh Ustaz Abdul Somad mengenai pertanyaan ujian pilihan ganda di sekolah mencerminkan bahwa dalam kehidupan ini, kita dihadapkan pada berbagai pilihan dan ujian. Dan seperti dalam ujian pilihan ganda, ada yang benar dan ada yang salah.

Kemampuan untuk memilih yang benar adalah bagian dari ujian iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Dalam hal pemilihan antara daging anjing, babi, dan kambing, tentu saja kaum Muslim akan memilih kambing untuk dikonsumsi, karena itu sesuai dengan ajaran Islam. Ini menunjukkan pentingnya memahami dan mengikuti ajaran agama sebagai bentuk pengabdian dan taqwa kepada Allah SWT.

Dengan mempercayai bahwa segala larangan dan perintah Allah mengandung hikmah yang dalam, kita dapat melalui ujian kehidupan ini dengan baik dan mendapatkan keridhaan-Nya. 

Dengan diciptakannya babi, diharapkan dapat dijadikan pelajaran yang dapat dipetik, yakni agar tidak hidup seperti babi. Maksudnya, karena babi dicirikan dengan hidupnya yang malas dan rakus.

BACA JUGA:Umat Islam Wajib Tahu! Ini Sejarah Haramnya Babi Menurut Islam Bersumber Alquran dan Hadis

Rakusnya babi bisa dilihat dari sikapnya yang selalu memuntahkan makanannya, lalu dimakan lagi.

Selain itu, babi juga merupakan hewan yang jorok karena babi memakan kotorannya sendiri. Bahkan makanan yang dimakan babi pun terkadang dikencingi oleh babi itu sendiri.

Dengan adanya babi, bisa jadi pengingat bagi manusia untuk tidak malas, hidup lebih bersih, serta tidak rakus.

Sebagaimana Allah SWT pernah menggunakan babi sebagai perumpamaan kaum terdahulu yang dikutuk karena perbuatannya yang buruk, dan tertuang dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 60:

"Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, Yaitu orang-orang yang dikutuk dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?". Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus," (QA Al-Maidah:60).

BACA JUGA:KUR BSI 2024, Sediakan Pinjaman Rp 25 Juta - Rp 50 Juta Tenor Sampai 60 Bulan, Cek Tabel Angsuran di Sini

Demikian informasi asal usul babi diciptakan serta alasan mengapa Allah menjadikan babi hewan yang haram. Semoga bermanfaat.

 

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: