Iklan dempo dalam berita

6 Model Kebaya Populer di Indonesia Saat Ini, Cocok Dipakai Saat Hari Kartini

6 Model Kebaya Populer di Indonesia Saat Ini, Cocok Dipakai Saat Hari Kartini

6 Model Kebaya Populer di Indonesia Saat Ini, Cocok Dipakai Saat Hari Kartini--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut ini 6 model-kebaya populer di Indonesia saat ini, cocok dipakai saat hari Kartini.

Hari Kartini diidentikkan dengan kebaya karena Raden Ajeng Kartini, seorang tokoh emansipasi wanita Indonesia yang diperingati pada hari tersebut, merupakan sosok yang memperkenalkan kebaya sebagai pakaian wanita modern di Indonesia pada zamannya.

Ketika itu, kebanyakan wanita Indonesia masih mengenakan pakaian tradisional yang panjang dan tertutup, seperti baju kurung atau kebaya panjang dengan kain sarung. Kartini melihat bahwa pakaian tersebut kurang nyaman dan kurang memungkinkan wanita untuk bergerak bebas, sehingga ia memperkenalkan kebaya sebagai pakaian yang lebih modern dan sederhana.

BACA JUGA:5 Model Kebaya yang Cocok Untuk Hari Kartini, Layaknya Kartini Muda di Era Modern

Kebaya yang diperkenalkan oleh Kartini berbeda dengan kebaya tradisional yang biasanya digunakan oleh orang Jawa pada masa itu. Kebaya buatan Kartini terbuat dari bahan kain katun dan dirancang dengan bentuk sederhana dan elegan, sehingga memungkinkan wanita untuk bergerak bebas dan tetap terlihat cantik.

Sejak itu, kebaya menjadi pakaian yang populer di kalangan wanita Indonesia dan menjadi simbol dari kesetaraan gender serta emansipasi wanita. Pada Hari Kartini, kebaya seringkali dipakai sebagai simbol penghormatan dan penghargaan kepada sosok Kartini dan perjuangan emansipasi wanita yang diwujudkan melalui pengenalan kebaya sebagai pakaian modern di Indonesia.

BACA JUGA:7 Inspirasi Kebaya Simpel dan Elegan Untuk Hari Kartini, Ada Kebaya Baby Doll dan Kutubaru

6 Model Kebaya Populer di Indonesia Saat Ini, Cocok Dipakai Saat Hari Kartini

Kebaya bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga sebuah simbol budaya dan identitas bagi masyarakat Indonesia. Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber, tentang jenis kebaya di Indonesia yang cocok dipakai saat hari Kartini.

1. Kebaya Bali

Kebaya Bali yang populer saat ini adalah bagian dari payas alit atau busana tradisional yang dikenakan sehari-hari oleh warga Bali. Ciri khas kebaya Bali adalah potongannya yang pas badan, menonjolkan lekuk tubuh.

Kebaya dibuat dari kain yang tipis menerawang seperti brokat atau katun lembut dengan aksen bordir. Bawahannya berupa kain sarung motif Bali yang disebut kamen. Kebaya Bali juga dilengkapi dengan selendang yang dililitkan di pinggang seperti obi pada kimono Jepang. 

BACA JUGA:Gamis Terbaru 2024 Simple Elegan Cocok Banget Buat Inspirasi Baju Lebaran

2. Kebaya Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: