Iklan dempo dalam berita

Ini Peta Harta Karun Berkilo-kilo Emas di Sumatera Barat, Peninggalan Kolonial Belanda

Ini Peta Harta Karun Berkilo-kilo Emas di Sumatera Barat, Peninggalan Kolonial Belanda

Ini Peta Harta Karun Berkilo-kilo Emas di Sumatera Barat, Peninggalan Kolonial Belanda--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini peta harta-karun berkilo-kilo emas di Sumatera Barat, peninggalan kolonial Belanda.

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera. Berdiri pada 3 Juli 1958 dengan ibu kota Padang. Merupakan provinsi yang terletak di bagian utara dan berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara. Provinsi ini juga berbatasan dengan samudera Indonesia, provinsi Jambi dan Bengkulu serta provinsi Jambi dan Riau.

BACA JUGA:Harta Karun Peninggalan Dinasti Tang Senilai Triliunan Rupiah di Bangka Belitung, Terletak di Pulau Terpencil

Melansir buku Mengenal Seni dan Budaya Indonesia karya R. Rizky dan T. Wibisono, ada tiga suku yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, yaitu suku Minangkabau, suku Batak Mandailing, dan suku Mentawai. 

Namun, suku Minangkabau mendominasi penduduk di Sumatera Barat. Suku Batak Mandailing berada di daerah Pasaman dan suku Mentawai berada di Kepulauan Mentawai. Ada pula suku minoritas lainnya, seperti suku Jawa.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk Sumatera Barat dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Minangkabau. Namun bahasa tersebut memiliki dialek yang berbeda-beda, di antaranya dialek Bukittinggi, dialek Payakumbuh, dialek Pariaman, dan dialek Pesisir Selatan. Ada pula dialek Mandailing yang digunakan oleh suku Mandailing.

BACA JUGA:Peta Harta Karun 72 Juta Ton Emas Hitam di Sumsel, Terletak di Dua Desa Kecil

Tidak hanya bahasa Minangkabau, bahasa Mentawai juga digunakan oleh penduduk daerah Mentawai yang termasuk bagian dari Sumatera Barat.

Peta Harta Karun Berkilo-kilo Emas di Sumatera Barat

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Ternyata Sumatera Barat memiliki potensi bahan tambang golongan A, B dan C. Bahan tambang golongan A, yaitu batu bara terdapat di kota Sawahlunto.

BACA JUGA:Dapat Harta Karun? Seperti Ini Hukum Internasional Tentang Kepemilikan Harta Karun Kapal Tenggelam

Sedangkan Bahan tambang golongan B yang terdiri dari air raksa, belerang, pasir besi, tembaga, timah hitam dan perak menyebar di wilayah kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, Solok, Solok Selatan, Lima Puluh Kota, Pasaman, dan Tanah Datar.

Bahan tambang golongan C menyebar di seluruh kabupaten dan kota, sebagian besar terdiri dari pasir, batu dan kerikil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: