Iklan dempo dalam berita

Tercantum Dalam Al Quran! Ini Makna dari Gunung Meletus Menurut Islam

Tercantum Dalam Al Quran! Ini Makna dari Gunung Meletus Menurut Islam

Makna dari Gunung Meletus Menurut Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tercantum dalam Al Quran! ini makna dari gunung meletus menurut Islam

Adanya peristiwa alam gunung meletus, di mana menjadi tanda terjadinya kiamat kecil (sugra), ternyata sudah lama dijelaskan Alquran dan sains. Diterangkan bahwa gunung memiliki fungsi sebagai pasak Bumi. 

BACA JUGA:Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Letusan gunung berapi merupakan bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah erupsi. Bahaya letusan gunung berapi dapat berupa awan panas, lontaran material (pijar), hujan abu lebat, lava, gas racun, tsunami, dan banjir lahar.

BACA JUGA:Salah Satu Pusaka Legendaris pada Zaman Majapahit, Begini Sejarah dan Ciri Keris Nogo Sosro Asli

Peristiwa letusan gunung berapi sebagai tanda kiamat telah disebutkan dalam firman Allah SWT, di mana Lahar akan berpencar ke penjuru Bumi dan mengenai seluruh makhluk hidup:

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

"Allah menggambarkan dahsyatnya hari kiamat melalui dua hal, yaitu keadaan manusia dan gunung-gunung. Pada hari kiamat itu manusia seperti laron yang beterbangan. Mereka berlarian tidak tentu arah, kacau balau, dan tidak lagi menghiraukan sekelilingnya. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS. Al-Qari'ah: 4-5)

BACA JUGA:Fenomena Alam Tertulis Dalam Al Quran, Mari Kenali Hujan Meteor dan Fungsinya Menurut Islam

Gunung meletus termasuk dalam kategori bencana, yang merupakan peristiwa atau serangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan serta penghidupan masyarakat. 

Bencana tersebut dapat disebabkan oleh faktor alam, non-alam, maupun faktor manusia, yang sering kali mengakibatkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian materi, dan dampak psikologis yang serius.

BACA JUGA:Apa Saja Deretan 7 Senjata Pusaka Kerajaan Sriwijaya dari Kesultanan Palembang

Bencana alam, sebagai contoh, adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa alami seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Meskipun sebagian orang menganggap bencana sebagai takdir dari Allah, sebenarnya sunnatullah berlangsung ketika manusia lupa akan tanggung jawab kekhalifahan mereka di atas bumi.

Bencana alam juga sering kali merupakan hasil dari kombinasi aktivitas alam, seperti gunung meletus, gempa bumi, dan tanah longsor, bersama dengan aktivitas manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: