Iklan dempo dalam berita

Teori Keberadaan Harta Karun Kerajaan Singosari, Benarkah Ada di Malang?

Teori Keberadaan Harta Karun Kerajaan Singosari, Benarkah Ada di Malang?

Teori keberadaan harta karun Kerajaan Singosari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Teori keberadaan harta karun Kerajaan Singosari, benarkah ada di Malang?

Kerajaan Singosari adalah sebuah kerajaan Hindu Buddha di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M.

Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan di daerah Singosari, Malang. Kerajaan Singosari hanya sempat bertahan 70 tahun sebelum mengalami keruntuhan.

Kerajaan ini beribu kota di Tumapel yang terletak di kawasan bernama Kutaraja. Pada awalnya, Tumapel hanyalah sebuah wilayah kabupaten yang berada dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri dengan bupati bernama Tunggul Ametung. Tunggul Ametung dibunuh oleh Ken Arok yang merupakan pengawalnya.

BACA JUGA:Dinaungi Khodam Raden Kian Santang, 3 Weton Ini Dibawa ke Kehidupan yang Sejahtera Serta Kekayaan

Keberadaan Kerajaan Singosari dibuktikan melalui candi-candi yang banyak ditemukan di Jawa Timur, seperti daerah Singosari sampai Malang, juga melalui kitab sastra peninggalan zaman Majapahit yang berjudul Negarakertagama karangan Mpu Prapanca yang menjelaskan tentang raja-raja yang memerintah di Singosari serta kitab Pararaton yang juga menceritakan riwayat Ken Arok yang penuh keajaiban.

Sebelum menjadi raja, Ken Arok berkedudukan sebagai Akuwu (Bupati) di Tumapel menggantikan Tunggul Amelung yang dibunuhnya, karena tertarik pada Ken Dedes istri Tunggul Amelung.

Selanjutnya, ia berkeinginan melepaskan Tumapel dari kekuasaan kerajaan Kediri yang diperintah oleh Kertajaya. Keinginannya terpenuhi setelah kaum Brahmana Kediri meminta perlindungannya.

BACA JUGA:Dituntun ke Arah Kejayaan Oleh Khodam Suci, 3 Weton Ini Rezekinya Lancar Mudah Jadi Orang Kaya

Dengan alasan tersebut, maka tahun 1222 M/1144 C Ken Arok menyerang Kediri, sehingga Kertajaya mengalami kekalahan pada pertempuran di desa Ganter. Ken Arok yang mengangkat dirinya sebagai raja Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang misteri yang menyelimuti Harta Karun Singosari yang konon tersembunyi di kota Malang?

Harta karun selalu menjadi subjek menarik bagi para pencari petualangan dan peneliti sejarah, dan dalam artikel ini, kita akan membahas ceritanya secara mendalam.

Salah satu misteri yang masih belum terpecahkan hingga saat ini adalah keberadaan harta karun peninggalan Kerajaan Singosari, yang konon tersimpan di wilayah Malang, Jawa Timur. 

BACA JUGA:Ini Kerajaan di Indonesia yang Meninggalkan Harta Karun, Berikut Jejak Penemuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: