Iklan dempo dalam berita

Bahaya! Jejak Digital Bisa Memperburuk Reputasi Pekerjaan, Begini Cara Hapus Jejak Digital di Google Lewat HP

Bahaya! Jejak Digital Bisa Memperburuk Reputasi Pekerjaan, Begini Cara Hapus Jejak Digital di Google Lewat HP

Cara menghapus jejak digital di google lewat handphone--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bahaya! Jejak digital bisa memperburuk reputasi pekerjaan, begini cara hapus jejak digital di Google lewat HP dan laptop.

Jejak digital bagaikan dua sisi mata uang, di satu sisi dapat membantu memperkuat reputasi, tetapi di sisi lain juga dapat merugikan diri sendiri jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

Sekarang ini hampir semua perusahaan baik negeri maupun swasta tidak hanya melihat kriteria pelamar kerja dari dokumen CV saja.

BACA JUGA:Tidak hanya Omongan Orang, Ini Manfaat Air pH Tinggi, Bisa Memperlambat Proses Penuaan

Akan tetapi, perusahaan juga melihat rekam jejak digital pelamar melalui akun media sosial yang sudah dicantumkan pada CV pelamar. 

Dari unggahan foto, video, dan caption di media sosial tersebut, perusahaan bisa melihat dan membaca karakter pelamar kerja secara langsung. 

Selain itu, jejak digital dapat juga disalahgunakan untuk pencemaran nama baik seseorang di dunia maya, penyalahgunaan data pribadi, hingga pencurian perbankan seperti pembobolan rekening dan transaksi kartu kredit.

BACA JUGA:Mana yang Paling Oke? Berikut Perbedaan dan Kelebihan Layar OLED vs IPS pada Laptop

Oleh karena itu, penting untuk secara berkala membersihkan jejak digital di Google, terutama ketika menggunakan perangkat ponsel dan laptop.

Berikut panduan buat membantu kamu menghapus jejak digital di google lewat hp dan laptop

1. Stop Penyebaran Data dari Sumbernya

Langkah awal sebagai tindakan preventif yakni menghentikan penyebaran data pribadi dari akun yang tidak lagi digunakan. Nonaktifkan atau hapus akun belanja, media sosial, dan layanan web tak terpakai.

BACA JUGA:Sesuaikan dengan Kebutuhan, Ini Jenis-jenis Layar Laptop yang Bagus untuk Penunjang Kegiatan

Caranya, masuk ke pengaturan akun, lalu cari opsi untuk menonaktifkan atau menghapus akun. Pastikan untuk melakukan tindakan ini secara rutin untuk mencegah penyebaran data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: