Iklan dempo dalam berita

Bijak dalam Pencarian, Ini 6 Cara Hapus Jejak Digital di Perangkat Mobile agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Bijak dalam Pencarian, Ini 6 Cara Hapus Jejak Digital di Perangkat Mobile agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Cara menghapus jejak digital di perangkat mobile--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bijak dalam pencarian, ini 6 cara hapus jejak digital di perangkat mobile agar tidak menyesal dikemudian hari.

Jejak digital merupakan jejak data yang tertinggal ketika seseorang menggunakan internet di perangkat komputer atau laptop, smartphone dan lainnya. Data ini bisa berasal dari situs web yang kita kunjungi, email yang dikirim, serta informasi yang dibagikan ke berbagai layanan online.

Bentuk datanya bisa berupa unggahan konten, aktivitas berbagi pesan, tinggalan komentar, aktivitas internet perbankan, dan sebagainya, di mana data-data tersebut kemungkinan besar akan tersimpan secara permanen di internet.

BACA JUGA:Bahaya! Jejak Digital Bisa Memperburuk Reputasi Pekerjaan, Begini Cara Hapus Jejak Digital di Google Lewat HP

Jejak digital dapat juga disalahgunakan untuk pencemaran nama baik seseorang di dunia maya, penyalahgunaan data pribadi, hingga pencurian perbankan seperti pembobolan rekening dan transaksi kartu kredit.

Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus jejak digital. Berikut rangkumannya:

1. Memakai Incognito

Dengan cara ini, aplikasi tidak akan merekam situs yang dituju serta tidak menyimpan keyword yang digunakan pengguna. Namun perlu diingat ini bukan artinya kamu lolos dari pengawasan.

Misalnya saat masuk ke Facebook, media sosial itu akan merekam aktivitas yang dilakukan. Untuk menutupi ISP, gunakan VPN saat menggunakan internet.

BACA JUGA:Tidak hanya Omongan Orang, Ini Manfaat Air pH Tinggi, Bisa Memperlambat Proses Penuaan

2. Menghapus Riwayat Pencarian (history)

Sejumlah aplikasi mengandalkan penyimpanan data pengguna secara lokal maupun cloud, jadi dapat menghubungkan informasi ke perangkat lain. Artinya untuk menghapus log pencarian dari ponsel hapus catatan di berbagai platform.

Misalnya akun Google menyimpan riwayat pencarian dari ponsel Android kamu. Untuk menghapusnya, akses Google dari web dan buka halaman riwayat aktivitas lalu hapus.

3. Membatasi Pelacakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: