Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Hapus Jejak Digital di Forum Online agar Tidak Digunakan Orang Lain

Begini Cara Hapus Jejak Digital di Forum Online agar Tidak Digunakan Orang Lain

Cara menghapus jejak digital di forum online--

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat mengurangi jejak digital mereka secara signifikan dan meningkatkan privasi online mereka. 

Selain itu, langkah-langkah ini juga dapat membantu menghindari risiko penyalahgunaan data dan memastikan keamanan informasi pribadi.

Sementara itu, jejak mesti diperhatikan dengan seksama agar tidak sampai menimbulkan kerugian. Berikut tips mengelola jejak digital yang dapat diterapkan sewaktu berinteraksi di dunia maya:

1. Hindari membagikan data pribadi seperti nama keluarga, alamat, nomor induk kependudukan (NIK), nomor ponsel, dan data pribadi lainnya.

BACA JUGA:Tanpa Obat! Ada 6 Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami, Salah Satunya dengan Cara Mandi Air Hangat

2. Hindari terlalu mudah mengunggah informasi apa pun ke media sosial sebelum dipikir ulang baik - buruknya.

3. Cek nama sendiri di Google dan segera lakukan penghapusan jika muncul temuan informasi sensitif

4. Buat password yang unik dan berbeda pada setiap akun media sosial.

Sementara itu, jika data pribadi kamu bocor atau telah diretas, maka kamu perlu melakukan tindakan pencegahan segera. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut lima hal yang bisa dilakukan saat data pribadi kamu bocor: 

1. Ubah Kata Sandi 

Mengubah kata sandi adalah pertolongan pertama yang harus segera dilakukan setelah mengetahui data pribadi kamu dicuri peretas. Usahakan kata sandi diubah menjadi yang lebih kuat, aman, dan unik. 

BACA JUGA:Bye Nyeri Haid! Begini Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Pijatan di 3 Titik Utama Ini

Secara umum, kata sandi yang kuat setidaknya terdiri dari delapan karakter dengan campuran huruf, angka, dan simbol. Selain itu, jangan pernah gunakan kata sandi yang sama di berapa akun yang dimiliki. 

2. Lakukan Autentikasi Dua Faktor 

Selain mengubah kata sandi kamu, lakukan juga pendaftaran untuk autentikasi dua faktor. Dengan ini, akun online kamu akan mengharuskan untuk memasukkan tingkat identifikasi tambahan tiap mengakses akun kamu, seperti kode yang dikirim ke ponsel dan email. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: