Iklan dempo dalam berita

Bahaya Tetanus! Begini Cara Menghilangkan Bengkak Akibat Duri Sawit

Bahaya Tetanus! Begini Cara Menghilangkan Bengkak Akibat Duri Sawit

Cara menghilangkan bengkak akibat tertusuk duri sawit--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bahaya tetanus! Begini cara menghilangkan bengkak akibat duri sawit.

Kulit bisa terluka karena tertusuk oleh benda yang kecil dan tajam, termasuk duri dari tanaman, tangkai bunga, atau pohon. Salah satunya pohon yang memiliki banyak duri adalah sawit.

Tergantung dari ukuran durinya, luka tusuk bisa menghasilkan luka terbuka yang sempit hingga lebar. Semakin besar ukuran luka terbuka, maka semakin berisiko terinfeksi, contohnya tetanus.

Jika dari awal tidak dilakukan pertolongan pertama yang tepat atau luka tidak dilindungi dengan baik, infeksi bisa terjadi. Infeksi pada luka tertusuk duri juga bisa terjadi ketika terdapat kotoran pada duri atau ada bagian duri yang tertinggal pada luka.

BACA JUGA:Buah Kaya Nutrisi! Ini 8 Ide Olahan Buah Duku untuk Hidangan Segar dan Enak

Luka menyebabkan sistem pertahanan kulit melemah sehingga mikroorganisme, meskipun tadinya tidak berbahaya, jadi mudah menginfeksi dan membengkak.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu mengatasi bengkak akibat tertusuk duri sawit:

1. Bersihkan Luka

Cuci luka dengan air mengalir selama beberapa menit. Gunakan sabun untuk membersihkan area kulit di sekitar luka, tapi usahakan tidak mengenai luka.

Jika terdapat kotoran dari duri pada luka, singkirkan dengan hati-hati menggunakan pinset. Biarkan luka mengering atau keringkan secara perlahan menggunakan handuk.

BACA JUGA:Harta Karun Milik Bersama di Sumatera, Berbentuk Cair Nomor 2 Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

2. Oleskan Cairan atau Salep Antibiotik

Oleskan cairan atau salep antibiotik pada luka untuk mencegah infeksi. Tutup luka tertusuk duri menggunakan plester atau perban steril.

3. Alternatif Pengobatan Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: