Iklan dempo dalam berita

Semua Ibadah Ada Tuntunannya, Begini Cara Nabi Muhammad Berwudhu

Semua Ibadah Ada Tuntunannya, Begini Cara Nabi Muhammad Berwudhu

Cara Nabi Muhammad berwudhu--

قَالَ  إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku tunjukkan padamu hal-hal yang Allah akan menghapuskan dosamu serta mengangkat derajatmu?” Para sahabat menjawab, “Mau ya Rasulullah.”

BACA JUGA:Daftar Negara Penghasil Pria Tampan di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika menghadapi kesusahan, memperbanyak langkah menuju masjid, serta menunggu shalat demi shalat. Inilah yang dinamakan ribath, inilah ribath, inilah ribath.” (HR. Muslim)

3. Wajah dan anggota wudhunya bercahaya

Keutamaan yang ketiga, orang yang berwudhu, kelak di akhirat wajah dan anggota wudhunya akan bercahaya. Dengan cahaya itu, Rasulullah akan mengenali mereka sebagai umat beliau.

إِنَّ أُمَّتِى يَأْتُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنْ أَثَرِ الْوُضُوءِ فَمَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يُطِيلَ غُرَّتَهُ فَلْيَفْعَلْ

Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat nanti dengan wajah dan anggota badan bersinar karena bekas air wudhu. Maka barangsiapa yang bisa memanjangkan cahayanya, hendaklah ia melakukanya. (HR. Muslim)

BACA JUGA:Ini Waktu yang Tepat Minum Air Rebusan Daun Salam agar Dapat Manfaat yang Optimal

4. Dinanti delapan pintu surga

Keutamaan ini untuk orang yang menyempurnakan wudhunya kemudian membaca doa setelah wudhu. Yakni delapan pintu surga akan terbuka untuknya.

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ – أَوْ فَيُسْبِغُ – الْوُضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Tidak seorang pun di antara kamu yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusanNya’ melainkan akan terbuka pintu-pintu surga yang berjumlah delapan yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau. (HR. Muslim dari Umar secara marfu’)

Demikianlah ulasan mengenai, tidak ada wudhu maka tidaklah sah sholatnya, begini cara benar Nabi Muhammad berwudhu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: