Iklan dempo dalam berita

Potensi Harta Karun di Sumatera Ini Ternyata Dimanfaatkan Untuk Pembangunan, Apa Saja?

Potensi Harta Karun di Sumatera Ini Ternyata Dimanfaatkan Untuk Pembangunan, Apa Saja?

Potensi Harta Karun di Sumatera Ini Ternyata Dimanfaatkan Untuk Pembangunan, Apa Saja?--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Potensi harta-karun di Sumatera ini ternyata jadi dimanfaatkan untuk pembangunan, apa saja? Yuk simak.

Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk sumber daya mineral atau tambang.

Tambang di Sumatera terdiri dari berbagai jenis, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, perak, tembaga, belerang, mangan, bauksit, bijih besi, dan lain-lain.

BACA JUGA:Harta Karun Emas Peninggalan Kolonial Belanda di Sumatera, Ini Sejarah dan Lokasinya

Tambang-tambang ini tersebar di berbagai provinsi di Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Tambang di Sumatera memiliki peran penting bagi pembangunan nasional, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Pulau Sumatra memiliki luas wilayah 473.481 km persegi yang terbagi menjadi 10 provinsi meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Lampung.

BACA JUGA:Miliaran Ton Harta Karun Batu Bara di Sumatera Selatan, Ini Lokasi Detailnya

Secara geografis, Pulau Sumatra terletak di sebelah barat gugusan kepulauan Indonesia tepatnya berada di titik koordinat 6°LU - 6°LS antara 95°BB - 109°BT.

Di sebelah timur, wilayah Pulau Sumatra berbatasan dengan Selat Malaka, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Andaman. Sementara itu sebelah selatan pulau ini berbatasan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

BACA JUGA:Harta Karun Perak di Sumatera dan Kalimantan, Jadi Lokasi Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia

Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera

Potensi sumber daya alam Pulau Sumatra dapat diketahui dengan mencermati alam di setiap provinsinya. Sebab, setiap wilayah Sumatra memiliki potensi sumber daya alam unggulan masing-masing.

Harta karun yang dimaksud adalah hasil pertambangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: