Iklan dempo dalam berita

Banyak Harta Karun Emas, Segini Cadangan dan Lokasi Emas di Halmahera Utara

Banyak Harta Karun Emas, Segini Cadangan dan Lokasi Emas di Halmahera Utara

Lokasi dan jumlah cadangan emas di Halmahera Utara--

NASIONAL RBTVCAMKOHA.COM – Banyak harta karun emas, segini cadangan dan lokasi emas di Halmahera Utara.

Emas merupakan logam mulia yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuat perhiasan. Potensi emas di Indonesia sangat melimpah, salah satunya berada di Pulau Halmahera. 

Harta karun di pulau itu berupa tambang emas yang dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). PT NHM beroperasi di Gosowong, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. 

BACA JUGA:Primadona Para Kicau Mania! Ini Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina

Papua di urutan pertama sebagai pulau yang menyimpan cadangan emas terbesar di Indonesia, Banyuwangi di Jawa Timur urutan kedua dan PT NHM berada pada urutan berikutnya yang memproduksi bijih emas mencapai 20 juta ons.

Gosowong ditemukan dari eksplorasi greenfield di pulau Halmahera, dengan sumber daya awal 770 Koz Au pada tahun 1996. Sumber daya meningkat menjadi 7 Moz Au pada tahun 2020 dan telah memproduksi sekitar 6 Moz Au dengan total nilai rata-rata 25 g/t Au.

Masa depan Tambang Emas Gosowong diyakini akan meningkat 5 tahun lebih lama. Umur tambang yang bertambah didasarkan pada penambahan cadangan dari sumber daya baru yang ditemukan di wilayah Kontrak Kerja PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

BACA JUGA:Lokasi Nobar Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan di Bandung, Yuk Datang ke 7 Tempat Ini

Pada tahun 2021 lalu, NHM menyerahkan dokumen Studi Kelayakan yang diperbaharui kepada Direktorat Jenderal Minerba KESDM. KESDM secara teknis dan ekonomi menyetujui dokumen studi kelayakan yang direvisi, untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh NHM. 

Studi kelayakan yang direvisi adalah kepercayaan profesional NHM bersama dengan PT Antam tentang penambahan cadangan baru.

NHM telah gencar menjajaki target pengeboran di tambang Kencana dan Toguraci. Kegiatan pengeboran struktur mineralisasi lainnya akan dilakukan pada akhir kuartal keempat 2021 lalu.

Selain target deposit ephitermal, NHM juga menjajaki potensi deposit porphyry yang terindikasi berada di wilayah Toguraci dan daerah-daerah lainnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang Perusahaan. 

BACA JUGA:Surga Bagi Pencari Harta Karun, Segini Potensi dan Lokasi Emas di Sumbawa Barat NTB, Ketemu Lokasi Auto Kaya

Dua tambang aktif di Gosowong; Kencana dan Toguraci masih menunjukkan prospek yang sangat baik menuju masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: