Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Batu Bara Melimpah di Sumatera Barat! di Sini Lokasinya

Harta Karun Batu Bara Melimpah di Sumatera Barat! di Sini Lokasinya

Cadangan batu bara dan lokasinya di Sumatera Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMHarta karun batu bara melimpah di Sumatera Barat! di sini lokasinya.

Sumber mineral batubara masih digunakan sebagai sumber energi utama di Indonesia. Sumber daya alam yang melimpah membuat Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai penghasil batubara di dunia.

Namun, walau jumlahnya banyak tetapi tidak semua wilayah Indonesia memiliki potensi batubara yang banyak. Ada faktor alam yang mempengaruhi pembentukan batubara.

BACA JUGA:Celaka!!! Tragedi Indonesia Vs Uzbekistan Rawan Terulang Lagi karena Pria Ini

Bila diperhatikan perusahaan tambang batubara banyak dibangun di daerah Sumatera dan Kalimantan. Cadangan batu bara di Sumatera barat terverifikasi sebanyak 23,63 juta ton. 

Bahan pertambangan Batubara potensinya cukup besar dan telah diusahakan untuk memasok kebutuhan bahan bakar di beberapa industri dan pembangkit listrik tenaga uap, baik didaerah Provinsi Sumatera Barat maupun di luar wilayah Provinsi Sumatera Barat seperti Jambi, hingga ke Pulau Jawa.

Untuk persebaran lokasi pertambangan batubara di Provinsi Sumatera Barat dapat ditemukan didaerah Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Solok Selatan.

BACA JUGA:Harga Emas di Pegadaian Hari Ini 1 Mei 2024, Emas Antam Makin Murah, Segini Harganya

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah sebagian besar lokasi usaha pertambangan tersebut berada di dalam kawasan hutan lindung yang perlu dijaga kelestariannya, sementara metode penambangan umumnya dilakukan dengan cara terbuka yang dapat mengancam keberadaan hutan lindung didaerah tersebut. 

Salah satu tambang terbesar di daerah Sumatera Barat terletak di Sawahlunto.  Sawahlunto adalah salah satu daerah yang bera dadi Provinsi Sumatera Barat. Di mana Sawahlunto Sumatera Barat adalah salah satu daerah yang mampu menyumbang batu bara terbesar di Indonesia.

Meski begitu, pada tahun 2019 lalu, tambang di daerah Sawahlunto Sumatera Barat sudah resmi di tutup. Di mana tambang daerah Sawahlunto Sumatera Barat lebih banyak dikenal dengan nama Ombilin yang juga merupakan tambang batu bara tertua di area Asia Tenggara.

BACA JUGA:Dibekali Intel Core Ulta, Ini Spesifikasi dan Harga Redmi Book Pro Edisi 2024

Dilihat dari catatan sejarah, tambang di daerah Sawahlunto Sumatera Barat sudah ada sejak abad ke 19 dan bahkan sudah beroperasi selama lebih dari 1 abad lamanya.

Ketika tambang Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat ditutup pada tahun 2019 lalu, UNESCO memberikan gelar pada tambang tersebut sebagai salah satu warisan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: