Iklan dempo dalam berita

2 Lokasi Ini Hasilkan Harta Karun Emas dan Batubara, Sumatera Selatan Juga Punya 7 Lokasi Wisata Alam

2 Lokasi Ini Hasilkan Harta Karun Emas dan Batubara, Sumatera Selatan Juga Punya 7 Lokasi Wisata Alam

2 Lokasi Ini Hasilkan Harta Karun Emas dan Batubara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 2 lokasi ini hasilkan harta karun emas dan Batubara, selain itu jangan takut berkunjung ke Sumsel untuk menikmati 7 titik keindahan alamnya.

Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk sumber daya tambang.

BACA JUGA:Hasilkan Rp 25 Miliar Per Tahun, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun di Sumatera Barat

Tambang di Sumatera terdiri dari berbagai jenis, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, perak, tembaga, belerang, mangan, bauksit, bijih besi dan lain-lain.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatra Selatan (ESDM Sumsel) mencatat produksi batu bara di wilayah itu mencapai sebanyak 94 juta ton sepanjang tahun 2023 lalu.

BACA JUGA:Bengkulu akan Pamerkan Harta Karun Tambang Emas, Cadangan Emas di Bengkulu Saingi PT Freeport

Kepala Dinas ESDM Sumsel Hendriansyah, mengatakan hal itu merupakan capaian tertinggi sepanjang sejarah pertambangan di Sumsel, yang mana telah melampaui capaian sepanjang 2022 yang sebesar 90 juta ton.

Hedriansyah menjelaskan, dari total produksi yang dihasilkan sepanjang 2023 lalu, eksplorasi terbesar dilakukan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan besaran hampir 50 persen.

BACA JUGA:Terbesar di Indonesia, Segini Jumlah Harta Karun Tambang Timah di Riau Per Tahun

Sedangkan sisanya merupakan kegiatan tambang yang tersebar di beberapa daerah seperti di Kabupaten Lahat oleh PT Bara Alam Utara (BAU) dan PT Muara Alam Sejahtera (MAS). Selanjutnya, di Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Rawas Utara dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian ESDM, sumber daya batu bara di Sumsel berada di angka 33,94 miliar ton atau 36,86 persen dari nasional yang sebesar 92,07 miliar ton.

BACA JUGA:Sumatera Utara Menyimpan Harta Karun Hasil Tambang, dari Minyak Bumi hingga Migas

Berikut ini adalah dua daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Selatan, yakni:

1. Lahat Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: