Iklan dempo dalam berita

Kalimantan Selatan Surga Bagi Pemburu Harta Karun Emas, Ini Titik Lokasinya

Kalimantan Selatan Surga Bagi Pemburu Harta Karun Emas, Ini Titik Lokasinya

Lokasi emas di Kalimantan Selatan dan risiko tambang emas tradisional--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Papua selama ini dikenal sebagai daerah yang penghasil emas di Indonesia. Namun sejatinya tidak hanya Papua, di Kalimantan juga banyak cadangan emas.

Di Kalimantan diperkirakan cadangan emasnya mencapai 40 juta ton. Termasuk diantaranya di wilayah Kalimantan Selatan. Beberapa wilayah di Kalimantan Selatan yang memiliki cadangan emas diantaranya di Kota Baru, Tanah Bumbu dan Hulu Sungai Tengah.

Namun keberadaan emas ini mayoritas berada di kawasan hutan lindung. Karenanya cukup sulit bagi pengusaha untuk membuka tambang emas lantaran ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

BACA JUGA:Wow! Ini 4 Orang Crazy Rich Karena Harta Karun Hitam, Mereka Sukses Jadi Pengusaha Batu Bara di Kalimantan

Sementara itu, kekayaan alam ini telah dimanfaatkan masyarakat sejak lama. Masyarakat dengan mengandalkan proses tambang tradisional, setiap hari memburu keberadaan harta karun ini. 

Upaya penertiban juga terus dilakukan pemerintah. Selain lantaran melanggar ketentuan memasuki kawasan hutan lindung, keberadaan tambang tradisional ini juga sudah banyak memakan korban jiwa. 

Tambang Tradisional

Tambang emas tradisional merujuk pada sistem pengerjaannya. Saat ini terdapat dua cara penambangan yang umumnya dilakukan. Pertama adalah penambangan emas dengan cara yang sistematis atau modern, dan yang kedua adalah dengan cara tradisional.

Penambangan secara sistematis atau modern biasanya dilakukan oleh perusahaan tambang yang bekerja secara profesional. 

BACA JUGA:Punya Potensi Emas yang Luar Biasa, Ini Lokasi Tambang Emas Muratara yang Rawan Penambangan Ilegal

Mengandalkan alat canggih, sistem penambangan yang berdasarkan SOP, dan pastinya memiliki standar keamanan dalam pengerjaannya.

Sedangkan tambang emas tradisional biasanya dijalankan dengan cara yang manual serta tidak memiliki standar keamanan sama sekali.

Selain itu pengerjaannya juga tidak melibatkan alat-alat yang mumpuni, sebab hanya mengandalkan peralatan yang seadanya dimiliki saja.

Proses Kerja  Tambang Emas Tradisional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: