Iklan dempo dalam berita

Wow! Ini Hewan-hewan Mitologi Khas Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya Garuda

Wow! Ini Hewan-hewan Mitologi Khas Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya Garuda

Hewan mitologi asal Indonesia yang terkenal--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Wow! ini hewan-hewan mitologi khas Indonesia yang mendunia, salah satunya garuda.

Indonesia, sebagai negara multikultural yang terdiri dari lebih dari 300 suku bangsa, menyimpan kekayaan bahasa, budaya, adat istiadat, dan kepercayaan yang beragam. 

Setiap suku bangsa biasanya memiliki setidaknya satu hewan mitologi yang menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kearifan lokal masyarakat. 

BACA JUGA:Xiaomi 15 Bakal Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi Lengkapnya

Namun, seiring berjalannya waktu, keberadaan hewan mitologi di Indonesia mulai tergeser dan dilupakan oleh gelombang modernisasi yang mengalir deras.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mitologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bentuk sastra yang mencakup konsepsi dan cerita suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu budaya. 

Makhluk-makhluk mitologi ini sering muncul dalam kisah-kisah mitologis, legenda, atau fabel, dan terkait erat dengan folklore suatu suku.

BACA JUGA:Jangan Dilakukan dan Setop dari Sekarang, Ini 9 Dampak Mandi Malam Hari, Bisa Berakibat Bagi Kesehatan

Hewan mitologi cenderung memiliki sifat fantastis, baik dari segi bentuk maupun kemampuan. 

Karena kisahnya bersifat mitos, keberadaannya diyakini oleh masyarakat yang menganut kepercayaan mitologi tersebut. Namun, bagi mereka yang tidak mempercayainya, hewan mitologi sering dianggap sebagai makhluk imajiner atau khayalan. 

Di zaman modern ini, makhluk fantastis yang dilaporkan sebagai penampakan atau rumor sering dikategorikan sebagai kriptid, yaitu makhluk yang tersembunyi dan belum terverifikasi secara ilmiah.

Dalam perkembangannya, makhluk-makhluk dalam legenda sering digunakan sebagai lambang dan dekorasi pada bangunan-bangunan tradisional maupun modern. 

BACA JUGA:Tablet HTC A101 Plus Edition Resmi Meluncur, Ini Ulasan Spesifikasi dan Harganya

Mereka juga sering diadaptasi dalam budaya populer, terutama dalam permainan, novel fiksi fantasi, film-film Hollywood, dan bahkan dalam karya-karya musik seperti band power metal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: