Iklan dempo dalam berita

7 Jenis Hasil Tambang di Indonesia dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Jenis Hasil Tambang di Indonesia dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Jenis Hasil Tambang di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi serta dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.Kenali, ini 7 jenis hasil tambang di indonesia dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

Ada sumber daya alam dapat diperbarui dan ada pula sumber daya alam tidak dapat diperbarui. Salah satu contoh sumber daya alam tidak dapat diperbarui adalah sumber daya tambang. 

Sumber daya alam tambang adalah kumpulan mineral, logam, dan bahan galian yang dieksploitasi untuk berbagai keperluan manusia, seperti industri, konstruksi, dan energi.

Di Indonesia, sumber daya alam tambang memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi dan industri.

BACA JUGA:Peta Persebaran Harta Karun Uranium di Indonesia, 4 Daerah Ini Simpan Cadangan Uranium

Apa saja jenis hasil tambang dan manfaatnya dalam kehidupan? Berikut pembahasannya:

1. Emas 

Emas memiliki harga tinggi di pasaran dan diolah menjadi perhiasan, aksesoris, dan emas batangan. Saat ini, manfaat emas bukan hanya jadi perhiasan, melainkan juga sebagai ladang investasi jangka panjang. 

Wilayah yang kini dijadikan tambang emas antara lain di Meulaboh (Aceh), Bengkalis (Sumatra), Logas (Riau), Cikotok (Jawa Barat), dan Papua.

BACA JUGA:Selain Emas, Ternyata Kalimantan Punya Harta Karun Uranium, Segini Jumlahnya

2. Minyak Bumi dan Gas Alam 

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang keberadaannya kian sulit ditemukan. Apalagi sifat minyak bumi tidak dapat diperbarui. Hal ini karena, proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Manfaat minyak bumi dan gas alam di antaranya untuk kebutuhan transportasi sebagai bahan bakar, perindustrian, dan rumah tangga untuk gas elpiji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: