Iklan dempo dalam berita

Ragam dan Jenis Harta Karun di Pulau Sumatera, Ini Jenis Tambang dan Sebaran Lokasinya

Ragam dan Jenis Harta Karun di Pulau Sumatera, Ini Jenis Tambang dan Sebaran Lokasinya

Jenis Tambang dan Sebaran Lokasinya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ragam harta karun Pulau Sumatera, simpan jenis tambang yang penting bagi Nasional dan hasilnya tembus hingga ke mancanegara.

Asal nama Sumatra berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudra (terletak di pesisir timur Aceh). 

BACA JUGA:Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudra menjadi Shumathra, dan kemudian menjadi Sumatra, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang.

BACA JUGA:Harta Karun di Sumatera Utara Sumbang 3,84% dari Total Cadangan Emas Yang Diperkirakan Ada di Indonesia

Nama asli Sumatra, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah "Pulau Emas". 

Istilah Pulau Ameh (bahasa Minangkabau, berarti pulau emas) kita jumpai dalam cerita Cindua Mato dari Minangkabau. Dalam cerita rakyat Lampung tercantum nama tanoh mas untuk menyebut pulau Sumatra. 

BACA JUGA:Ini Kota di Kalimantan Timur Penghasil Harta Karun Batu Bara, Mampu Hasilkan 82 Ton

Seorang musafir dari Tiongkok yang bernama I-tsing (634-713) yang bertahun-tahun menetap di Sriwijaya (Palembang sekarang) pada abad ke-7, menyebut Sumatra dengan nama chin-chou yang berarti "negeri emas". Emas menjadi daya tarik para pendatang di pulau Sumatra.

BACA JUGA:Warisan Harta Karun Hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang Ditetapkan oleh UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Sumatera, sebuah pulau yang menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia, memiliki kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan ini tidak terkecuali dalam hal sumber daya mineral atau tambang. 

Di Sumatera, terdapat beragam jenis tambang yang mencakup minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, perak, tembaga, belerang, mangan, bauksit, bijih besi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Ditangani 14 Perusahaan, Ini 3 Kabupaten Penyumbang Harta Karun Tambang Emas di Sulawesi Barat

Pulau Sumatra merupakan pulau yang kaya dengan hasil bumi. Dari lima provinsi kaya di Indonesia, tiga provinsi terdapat di pulau Sumatra, yaitu provinsi Aceh, Riau dan Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: