Iklan dempo dalam berita

Kalimantan Tengah Punya Desa Emas, Cadangan Harta Karun Emasnya 40 Juta Ton

Kalimantan Tengah Punya Desa Emas, Cadangan Harta Karun Emasnya 40 Juta Ton

Harta karun emas di Kalimantan Tengah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kalimantan Tengah punya desa emas, cadangan harta karun emasnya 40 juta ton.

Kalimantan Tengah, terletak di bagian tengah Pulau Kalimantan, Indonesia, memainkan peran penting dalam industri pertambangan nasional, terutama dalam pertambangan emas.

BACA JUGA:Waspada Sihir Melalui Makanan, Ini Doa Agar Makanan dan Minuman Terhindar dari Sihir

Wilayah ini dikenal dengan kegiatan pertambangannya yang melibatkan baik operasi komersial besar maupun pertambangan rakyat yang luas.

Di Kalimantan Tengah terdapat sebuah desa yang dikenal sebagai “Desa Emas” karena memiliki cadangan harta karun emas sekitar 40 juta ton. Desa ini bernama Desa Pujon dan terletak sekitar 190 kilometer dari Kota Palangkaraya.

BACA JUGA:Kamu Suka Makan Daun Kemangi? Beruntung, Ini Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Mayoritas penduduk di Desa Pujon mencari nafkah utama melalui kegiatan penambangan emas.

Meskipun potensi cadangan emas di wilayah Pujon diperkirakan mencapai angka yang mencengangkan, yaitu sekitar 40 juta ton, aktivitas pertambangan liar telah menjadi bagian dari lanskap di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah sejak tahun 1980-an.

Sementara itu, Provinsi Kalimantan Tengah, dengan ibukota Palangka Raya, terletak antara 0°45’ Lintang Utara s.d. 3°30’ Lintang Selatan dan 111° s.d. 116° Bujur Timur. 

BACA JUGA:Mau Makan di Tempat Asing Tapi Ragu Halal Atau Tidak, Baca Doa Ini Sebelum Menyantap

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua dengan luas wilayah mencapai 153.564 Km². 

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki 11 (sebelas) sungai besar dan tidak kurang dari 33 (tiga puluh tiga) sungai kecil/anak sungai, keberadaannya menjadi salah satu ciri khas Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun Sungai Barito dengan panjang mencapai 900 km memiliki kedalaman mencapai 8 m, merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Tengah sehingga dapat dilayari hingga 700 km.

BACA JUGA:Bisa Diamalkan Saat Merasa Takut, Ini 5 Bacaan Doa Pagar Diri dari Jin dan Setan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: