Iklan dempo dalam berita

Salah Satu Penyumbang Nikel Terbesar di Indonesia, Ini Daftar Perusahaan Nikel di Ternate

Salah Satu Penyumbang Nikel Terbesar di Indonesia, Ini Daftar Perusahaan Nikel di Ternate

Daftar Perusahaan Nikel di Ternate--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menjadi salah satu penyumbang nikel terbesar di Indonesia, ini daftar perusahaan nikel di Ternate.

Indonesia memiliki wilayah tambang nikel yang sangat luas dengan cadangan yang melimpah. Tak heran bila Indonesia menjadi negara dengan cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia. 

BACA JUGA:6 Investor Penggarap Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia, Maluku Mendominasi

Menurut Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki potensi formasi pembawa nikel hingga 2 juta hektare (ha). 

Dari luasan tersebut, baru sekitar 800.000 ha yang sudah tereksplorasi dan menjadi izin usaha pertambangan (IUP). Berdasarkan Rencana Pengelolaan Mineral dan Batubara Nasional Tahun 2022-2027, total sumber daya nikel Indonesia mencapai 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam. 

BACA JUGA:Ini Daftar Perusahaan Tambang Harta Karun Nikel di Halmahera Serta Cadangannya

Sementara itu, cadangan nikel Indonesia tercatat mencapai 5,2 miliar ton bijih dan 57 juta ton logam. Jumlah cadangan tersebut setara dengan 23% cadangan nikel dunia.

Dengan jumlah sumber daya dan cadangan tersebut, Indonesia menjadi negara dengan cadangan dan produksi nikel peringkat ke-1 di dunia.

Salah satu daerah penyumbang nikel terbesar di Indonesia adalah Ternate, yang merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara, adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tambang nikel terbesar. 

BACA JUGA:Ini Daftar 138 Tambang Nikel yang Terletak di 11 Kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara

Di sini, tambang nikel terutama berada di Kabupaten Halmahera Timur dan mencakup luas sekitar 156.197,04 hektare. Sebaran sumber nikel ini terdapat di beberapa wilayah, termasuk Kecamatan Maba dan Wasilei.

Sementara itu, Maluku Utara menjadi provinsi dengan rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia pada 2023 lalu, dengan capaian melampaui rerata nasional.

Rekor tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya beberapa Perusahaan tambang nikel yang menjuarai di Maluku Utara ini.

BACA JUGA:Terkenal Akan Tambang Nikelnya, Begini Informasi Tambang Nikel di Sulawesi Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: