Iklan dempo dalam berita

Bukti Emas di Indonesia Berlimpah, Ini 8 Tambang Emas Terbesar di Indonesia Saat Ini

Bukti Emas di Indonesia Berlimpah, Ini 8 Tambang Emas Terbesar di Indonesia Saat Ini

Bukti Emas di Indonesia Berlimpah, Ini 8 Tambang Emas Terbesar di Indonesia Saat Ini--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bukti emas di Indonesia berlimpah, ini 8 tambang emas terbesar di Indonesia saat ini.

Indonesia merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia. Perkiraan produksi emas Indonesia mencapai 48 ton per tahun.

Dalam publikasi berjudul Booklet Tambang Emas Perak 2020 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, disebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan cadangan emas terbesar di dunia.

BACA JUGA:Mulai dari Emas Hingga Batu Bara, Ini 10 Tambang Terbesar yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki cadangan emas sejumlah 5 persen atau setara 2.600 ton emas yang masih dapat ditambang atau diekstraksi. Perkiraan jumlah cadangan emas tersebut sama dengan cadangan emas yang dimiliki oleh Brazil.

Sementara itu, daerah penghasil emas di Indonesia tersebar di beberapa provinsi, mulai dari kawasan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, hingga Jawa.

BACA JUGA:Temuan Harta Karun Batu yang Mengandung Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah Hebohkan Masyarakat

Beberapa contoh daerah penghasil emas terbesar di Indonesia ialah Kalimantan Tengah, Papua Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Papua Tengah merupakan provinsi lokasi tambang emas terbesar di indonesia yang saat ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

8 Tambang Emas Terbesar di Indonesia Saat Ini

Pertambangan emas Indonesia sudah dilakukan sejak dahulu, mungkin salah satu perusahaan yang sering Anda dengar adalah Freeport Indonesia. 

Namun sebetulnya masih banyak lagi, perusahaan yang melakukan pertambangan di tanah air.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Harta Karun Emas di Gunung Jayawijaya Papua, Tersimpan Rp 221,7 Triliun Nilai Emas

1. PTFI

PT Freeport Indonesia merupakan pertambangan yang berdiri sejak tahun 1966, presiden direktur PT Freeport adalah Tony Wenas. Freeport Indonesia melakukan penambangan tembaga, emas dan perak di dataran tinggi Kabupaten Mimika, Papua. Freeport sudah lama berjalan, dan dalam satu hari mereka mampu memproduksi 240 ton emas. Sedangkan setiap harinya perusahaan ini mendapatkan 6.065 ton konsentrat, yang terdiri dari pasir olahan batuan tambang dan mengandung perak, emas serta tembaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: