Iklan dempo dalam berita

4 Daerah Ini Punya Kadar Emas Tertinggi, Bengkulu Nomor Berapa?

4 Daerah Ini Punya Kadar Emas Tertinggi, Bengkulu Nomor Berapa?

4 daerah penghasil emas terbaik di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 4 daerah ini punya kadar emas tertinggi, Bengkulu nomor berapa?

Emas merupakan salah satu sumber daya alam yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Melansir data tahun 2021 milik Ditjen Minerba kementerian ESDM dan Gramedia, Indonesia sudah menghasilkan 117,5 ton emas.

BACA JUGA:Bisa Samarkan Pipi Chubby, Ini 7 Inspirasi Model Rambut Pendek Wanita, Tertarik Mencobanya?

Hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke-9 sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia dengan total produksi mencapai 48 ton di tiap tahunnya. Besaran produksi ini menjadikan Indonesia sebagai penyokong 5,8% potensi cadangan emas dunia.

Namun, meskipun Indonesia kaya akan harta karun berupa emas tersebut, tidak semua emas yang dihasilkan memiliki kadar yang tinggi.

Ada beberapa daerah yang menghasilkan emas dengan kadar yang tinggi akan tetapi ada juga beberapa daerah yang tidak.

BACA JUGA:10 Ciri Rumah Tempat Mahluk Halus Bersarang dan Cara Mengusirnya

Lantas, dari manakah emas yang memiliki kadar tinggi berasal?

Tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa, di Pulau yang penduduknya padat juga terdapat dua daerah dengan potensi emas tinggi. Penasaran apa saja daftar wilayah tersebut? Coba simak beberapa nama wilayah berikut ini:

1. Bengkulu
Selama ini banyak orang hanya mengetahui bahwa Papua adalah surga emas, namun ternyata Bengkulu juga memiliki peluang sumber daya alam berupa emas lebih banyak dan lebih tinggi kadarnya dari Papua.

Hasil survei awal tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces. Dalam hitungan kasar, satu ounces setara dengan 280 gram.

BACA JUGA:Gembong Narkoba DPO BNN Ditangkap saat Relaksasi di Panti Pijat

2. Bogor
Jawa juga memiliki potensi sumber daya alam berupa emas, tepatnya di Bogor. Lokasi pertambangan di Gunung Pongkor di bawah naungan salah satu perusahaan besar yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara atau dikenal sebagai BUMN Indonesia.

Tanda awal ditemukannya sumber daya alam tersebut ketika adanya eksplorasi logam dasar timbal atau Pb, serta seng atau Zn, pada bagian Utara Gunung Pongkor dari tahun 1974 sampai 1981. Hingga saat ini, Bogor sebagai salah satu wilayah dengan kadar emas tinggi Indonesia, didapuk sebagai wilayah dengan kegiatan pertambangan terbesar se-Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: