Iklan dempo dalam berita

Kuliah Gratis di Universitas Terkenal, Begini Cara Ampuh Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Kuliah Gratis di Universitas Terkenal, Begini Cara Ampuh Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri--

Kebanyakan beasiswa hanya membuka satu kali pendaftaran saja per tahunnya. Jika kamu terlambat mengetahui informasi pendaftaran, bisa-bisa kamu harus menunggu lagi selama setahun hanya untuk mendaftar saja.

Supaya tidak ketinggalan timeline pendaftaran, buatlah kalender beasiswamu sendiri. Dan aktifiah untuk mengecek dan mencari tahu ke website resmi beasiswa yang kamu inginkan.

BACA JUGA:7 Penyebab Pinjol Ditolak Meski Belum Pernah Ajukan, Ini Tips Mengatasi agar Disetujui

3. Banyak bertanya ke orang yang sudah dapat beasiswa

Selain aktif membuka website resmi beasiswa, kamu juga bisa mencari tahu detail-detail beasiswa kuliah gratis di luar negeri lewat alumni atau mahasiswa yang berkuliah di kampus yang kamu inginkan dan sekaligus yang mendapat beasiswanya.

Misalnya kamu ingin kuliah di Oxford University dengan beasiswa LPDP, kamu harus mencari orang yang lolos berkuliah di Oxford University lewat beasiswa LPDP bentuk sekedar bertanya- tanya tentang tips and trick agar mendapat beasiswa atau sekedar bertanya tentang proses yang mereka hadapi selama mendaftar beasiswa dan kampus.

Pengalaman-pengalaman dari orang yang sudah mendapat beasiswa ini bisa kamu ikuti dan terapkan agar kamu juga bisa mengikuti jejak mereka yang sudah sukses menerima beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

BACA JUGA:10 Cara Atasi Kulit Terbakar Matahari, Mudah dan Simple

4. Punya prestasi akademik

Tips keempat ini adalah tips paling mempengaruhi kesempatan kamu untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri. Pemerintah, organisasi, atau kampus yang akan memberikan beasiswa kuliah gratis pasti ingin beasiswa yang mereka berikan jatuh ke tangan orang yang tepat.

Biasanya pemberi beasiswa mencari calon mahasiswa yang berprestasi atau punya pengalaman kerja atau volunteer yang menambah nilai diri mereka. Apakah kamu berprestasi atau punya pengalaman untuk memenuhi persyaratan?

Persiapan prestasi akademik ini bisa kamu mulai persiapkan sejak dini mulai dari saat masuk SMA atau saat baru masuk kuliah S1, kalau kamu mau melanjutkan S2 atau S3 di luar negeri. Ikuti kegiatan, organisasi, atau perlombaan yang akan menunjang prestasi akademik kamu.
BACA JUGA:Mantap! Ini Daftar 10 Rekomendasi Hp 1 Jutaan Samsung 2024 Terbaik

5. Menyiapkan CV, motivation letter, dan essay

Setelah kamu yakin kamu memenuhi persyaratan untuk mendaftar beasiswa yang kamu incar. Kamu bisa mulai untuk menyiapkan CV, motivation letter, dan essay yang biasanya jadi persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa.

Tunjukkan dalam CV, motivation letter, dan essay mu bahwa kamu adalah kandidat penerima beasiswa yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Kamu harus bisa menonjol dari pendaftar-pendaftar lainnya. Yakinkan pemberi beasiswa kenapa kamu harus mendapat beasiswa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: