Iklan dempo dalam berita

Segini Besaran Bantuan PIP Mulai SD Hingga Kuliah yang akan Diterima

Segini Besaran Bantuan PIP Mulai SD Hingga Kuliah yang akan Diterima

Besaran Bantuan PIP Mulai SD Hingga Kuliah yang akan Diterima--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMProgram yang diluncurkan pemerintah dalam waktu dekat ini adalah Program Indonesia Pintar (PIP). Segini besaran bantuan PIP mulai SD hingga kuliah yang akan diterima.

BACA JUGA:Ini Kategori Sasaran Penerima PIP Kemendikbud, jangan Sampai Masyarakat Putus Pendidikan

Saat ini, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meluncurkan berbagai program agar proses belajar dapat berjalan lebih efektif. BACA JUGA:8 Cara Daftar PIP Online Ini Bisa Kamu Coba, Segini Besaran Bantuan yang Bakal Diterima

PIP adalah bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai dari pemerintah untuk peserta didik. Bantuan ini diberikan untuk peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu sehingga mengalami kesulitan untuk membiayai pendidikan yang akan di tempuh. 

Pembiayaan PIP dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan baik perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi hingga pembiayaan untuk uji kompetensi.

BACA JUGA:Syarat Pengajuan, Tabel KUR Pegadaian Syariah 2024 Rp 30 Juta, Cicilan Hanya 900 Ribuan

Program ini dirancang pemerintah untuk mencegah adanya peserta didik yang putus sekolah. PIP diharapkan mampu menjadi solusi untuk penerus bangsa yang ingin menempuh pendidikan namun terkendala biaya.

BACA JUGA:Ahok Dikabarkan Maju Pilgub Sumatera Utara, PAN Tak Gentar Usung Menantu Jokowi Jadi Pesaingnya

Bantuan PIP diberikan kepada peserta didik sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Berikut besaran jumlah dana yang diberikan untuk peserta didik.

1. Peserta didik SD/MI/Paket A sebesar Rp 450.000,- per tahun.

2. Peserta didik SMP/MTS/Paket B sebesar Rp 750.000,- per tahun.

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C sebesar Rp 1.000.000,- per tahun.

BACA JUGA:Ini Kriteria Penerima Bansos PIP, Apakah Kamu Termasuk Golongannya? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Dana yang diberikan diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan terkait dengan pendidikan. Sehingga tidak hanya untuk biaya pendidikan saja, melainkan dapat juga digunakan untuk uang saku ataupun membeli perlengkapan belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: