Iklan dempo dalam berita

Asal Usul Suku Dani di Papua yang Terkenal dengan Tradisi Potong Jari

Asal Usul Suku Dani di Papua yang Terkenal dengan Tradisi Potong Jari

Asal Usul Suku Dani di Papua yang Terkenal dengan Tradisi Potong Jari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSuku Dani adalah salah satu suku yang terkenal dan terbesar yang ada di Papua. Begini ssal usul suku Dani, yang terkenal dengan tradisi potong jari.

BACA JUGA:Begini Asal Usul Suku Wajak, Suku Tertua yang Mendiami Indonesia

Suku Dani mendiami wilayah lembah Baliem yang ada di bagian tengah pegunungan Jayawijaya Papua. Suku ini hidup berkelompok dan tinggal di rumah-rumah yang disebuah honai.

Beberapa suku bangsa yang banyak dikenal di Papua, seperti Suku Asmat, Suku Amungme, Suku Bauzi dan Suku Dani. Sebagian suku lainnya tersebar di berbagai wilayah yang ada.

BACA JUGA:Begini Asal Usul Suku Mentawai yang Tinggal Bersama dalam Satu Rumah Adat

Mereka juga masih memegang teguh adat dan kebiasaan dari nenek moyang dan masih menggunakan teknologi neolitik dari masa lalu.

Kaum laki-laki suku ini juga masih menggunakan koteka untuk menutupi kemaluan dan para wanitanya menggunakan pakaian rumbai yang terbuat dari rumput dan serat.

BACA JUGA:Pernah Makan Ikan Semah? Begini Cerita Asal Usul Suku Pasemah yang Terletak di Sumsel

Asal-Usul Suku Dani

Keberadaan Suku Dani sebagai suku asli di tanah Papua sudah dikenal hingga ke mancanegara. Berbagai penelitian dari berbagai negara pun banyak dilakukan untuk mencari tahu seputar kehidupan masyarakat tersebut.

Salah satu penelitian awal yang bersentuhan langsung dengan Suku Dani adalah ekspedisi gabungan antara Amerika dan Belanda pada tahun 1926 di bawah pimpinan M.W. Striiling.

BACA JUGA:Ini Suku Bunga Pinjaman di BRI untuk Pensiunan dan Besaran Biaya Lainnya di Produk BRIGuna Purna

Nama Dani sendiri diberikan oleh para peneliti pada ekspedisi Striiling tersebut. Menurut Le Roux arti nama Dani ini berasal dari bahasa Moni yakni "Ndani" yang berarti "Sebelah timur arah matahari terbit".

Para penduduk asli Suku Dani sendiri tidak tahu siapa yang memberikan nama suku mereka. Namun mereka mengenali "Ndani" sebagai arti "perdamaian".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: