Iklan dempo dalam berita

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam--Foto: ist

4.   Memupuk Rasa Empati dan Meningkatkan Solidaritas

Tujuan qurban di urutan keempat adalah guna memupuk rasa empati serta meningkatkan rasa solidaritas terhadap sesama, baik sesama muslim maupun sesama manusia.

Berkurban bukan hanya tentang menyembelih hewan kemudian dimakan, tetapi juga terdapat unsur berbagi pada saudara yang tidak mampu. 

Dengan demikian, mereka yang tidak mampu bisa merasakan kenikmatan daging yang mungkin saja sangat jarang mereka makan atau bahkan tdak pernah sama sekali.

BACA JUGA:Hukum Berkurban dengan Kambing Betina, Ini Penjelasan Buya Yahya

5.   Bentuk Rasa Syukur atas Nikmat Allah

Bersyukur merupakan cara menunjukkan cinta umat muslim kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat yang luar bisa. Salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat Allah adalah dengan menjalankan ibadah qurban saat Hari Raya Idul Adha. 

Dengan bersyukur kepada Allah akan membuat umat muslim diberikan balasan yang lebih, karena Allah mencintai umatNya yang pandai mensyukuri nikmat yang telah diberikan. 

6.   Hidup Menjadi Lebih Berkah

Tujuan qurban selanjutnya adalah membuat hidup umat muslim menjadi lebih berkah lagi, karena ketika darah pertama dari hewan ternak yang dikurbankan akan menimbulkan rasa bersyukur yang mendalam atas segala nikmat Allah SWT. 

Berkah dalam kehidupan senantiasa didapatkan oleh orang-orang yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, sehingga orang-orang yang berkurban akan diberikan kenikmatan berupa hidup yang berkah oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Berkurban Lalu Pamer di Medsos, Bagaimana Hukumnya? Begini Penjelasannya

7.   Mempererat Tali Silaturahmi

Memang sama sekali tidak terpikirkan, bahwa tujuan dari berkurban sebenarnya adalah untuk mempererat tali silaturahmi. Hal tersebut tidak disadari oleh sebagian besar umat muslim, namun benar-benar terjadi demikian. 

Mengapa demikian? Pasalnya, daging hewan yang dikurbankan sudah pasti akan dibagikan kepada orang-orang, baik saudara, kemudian tetangga, maupun kerabat, sehingga tanpa disadari akan membuat hubungan antara pemberi dan penerima akan semakin erat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: