Iklan dempo dalam berita

Kehidupan Sehari-hari dan Tradisi Suku Primitif Togutil, Yuk Kenali Lebih Dekat!

Kehidupan Sehari-hari dan Tradisi Suku Primitif Togutil, Yuk Kenali Lebih Dekat!

Kehidupan dan tradisi suku Togutil--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kehidupan sehari-hari dan tradisi suku Primitif Togutil, yuk kenali lebih dekat!

Penasaran dengan kehidupan sehari-hari dari suku Togutil yang unik dan primitif ini? Berikut ulasan tentang kehidupan dan tradisi mereka.

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Syarat dan Biaya Bikin SIM C1, Salah Satunya Wajib Punya SIM C

Mengutip jurnal milik UIN Raden Fatah Palembang, suku Togutil menggunakan bahasa Tobelo, bahasa yang sama dengan penduduk pesisir.

Mereka menjalani hidup secara nomaden di pedalaman hutan Halmahera Timur, terutama di wilayah yang dekat dengan aliran sungai dan jauh dari permukiman umum.

Bahkan hanya sebagian kecil dari mereka yang sudah mengenal peradaban modern dan berinteraksi dengan komunitas di luar kelompok mereka.

BACA JUGA:Cek di Sini Limit dan Bunga Pinjaman Kupedes BRI 2024, Pinjam Rp 100 Juta Angsuran Ringan

Kehidupan Suku Togutil

Dalam kehidupan sehari-hari ketergantungan suku Togutil pada hasil hutan sangat besar. Mereka mengumpulkan sagu, mencari getah damar dan gaharu, berburu babi dan rusa, serta menangkap ikan di sungai.

Di samping itu, mereka juga berkebun dengan menanam berbagai tanaman seperti pisang, ubi kayu, ubi jalar, pepaya, dan tebu.

Para lelaki di suku ini bertanggung jawab atas kegiatan berburu dan pengumpulan hasil hutan, sementara para perempuan mengurus rumah dan mengolah hasil buruan serta merawat kebun.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Soroti Kenapa Banyak WNI Berobat ke Singapura? Ternyata Ini Alasannya

Rumah Adat Suku Togutil

Rumah-rumah suku Togutil biasanya terbuat dari kayu, bambu, dan beratap daun palem, seringkali tanpa dinding dan berlantai papan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: