Iklan RBTV Dalam Berita

Dijuluki Kampung Bule, Ternyata Begini Asal Usul Suku Lamno, Si Warga Unik Bermata Biru

Dijuluki Kampung Bule, Ternyata Begini Asal Usul Suku Lamno, Si Warga Unik Bermata Biru

Asal Usul Suku Lamno--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dijuluki sebagai Kampung Bule, ternyata begini asal usul suku Lamno, si warga unik bermata biru.

Kampung Bule, yang berada di Desa Lamno, Kecamatan Aceh Jaya merupakan salah satu desa unik di Indonesia.

Di tempat itu masyarakatnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) tetapi dengan penampilan fisik layaknya orang bule Eropa.

BACA JUGA:Kisah Suku Lingon, Warga Pedalaman dengan Bola Mata Biru yang Berselimut Misteri

Warga di desa yang berjarak 86 kilometer dari Banda Aceh ini mempunyai perawakan tubuh tinggi, berkulit putih dengan bintik merah, bermata biru, rambut pirang dan hidung mancung.

Mereka tersebar di beberapa desa yang dulunya termasuk wilayah Kerajaan Daya, seperti Ujung Muloh, Kuala Daya, Gie Jong, Lambeso, dan Teumarem. Desa-desa ini terletak di pesisir barat Aceh dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Lamno memang sering dikaitkan dengan daerah perdagangan karena sering dikunjungi kapal-kapal dari Eropa. Karena itulah terjadi proses asimilasi dan banyak orang Eropa yang kemudian tinggal di sana bahkan menikah dengan perempuan setempat.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri, Mana yang Lebih Bermutu?

Karena itulah hingga saat ini, sebagian keturunan mereka masih bisa dijumpai di antara penduduk Lamno. Misalnya bisa dilihat dari gadis muslimah di sana yang mempunya mata kecoklatan dan juga berambut pirang.

Asal Usul Suku Lamno

Di kabupaten ini terdapat satu kawasan bernama Lamno, daerah yang sebagian penduduknya bermata biru dan berambut cokelat, mirip bangsa Eropa.

Sejarah masa lalu Lamno sering dikaitkan dengan jalur perdagangan, khususnya komoditas lada dan nilam, sehingga sering dikunjungi kapal-kapal dari Eropa, khususnya Portugis. Karena itulah terjadi proses asimilasi dan banyak orang Eropa yang kemudian tinggal di sana bahkan menikah dengan perempuan setempat.

BACA JUGA:Tabel Simulasi KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 25 Juta, Angsuran Mulai Rp 700 Ribuan Per Bulan, Ini Syaratnya

Itu sebab, hingga saat ini sebagian keturunan mereka masih bisa dijumpai di antara penduduk Lamno. Misalnya, bisa dilihat dari gadis muslimah di sana yang mempunya mata biru dan berambut pirang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: