Iklan dempo dalam berita

Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

Kualitas Emas Sumatera--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMEmas umumnya ditemukan dalam bentuk unsur bebas, sering kali dalam bentuk bongkahan atau butiran di dalam batuan, urat, dan endapan aluvial. Miliki cadangan harta karun emas mencapai 168,6 juta ton, ternyata ini kualitas emas Sumatera.

BACA JUGA:Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Emas membentuk rangkaian larutan padat dengan unsur perak, secara alamiah berpadu dengan logam lain seperti tembaga dan paladium, serta ditemukan dalam inklusi mineral seperti dalam pirit.

Lebih jarang lagi, emas terdapat dalam mineral sebagai senyawa, biasanya dengan telurium, yang dikenal sebagai emas telurida.

BACA JUGA:Ternyata Riau dan Sumsel Punya Harta Karun Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Segini Produksinya Perhari

Emas tahan terhadap sebagian besar asam, meski dapat larut dalam air raja (campuran asam nitrat dan asam klorida), membentuk sebuah anion tetrakloroaurat yang larut. 

Hanya asam nitrat yang tidak dapat melarutkan emas, tetapi ia dapat melarutkan perak dan logam dasar, sehingga sifat ini telah lama digunakan untuk memurnikan emas dan memastikan keberadaan emas dalam substansi metalik, sehingga memunculkan istilah 'uji asam'. 

BACA JUGA:Lokasi Harta Karun Berlian di Kalimantan yang Punya Kualitas Super di Dunia! Ini Beda Berlian Asli atau Palsu

Emas dapat larut dalam larutan alkali sianida, yang digunakan dalam pertambangan dan penyepuhan. Emas juga larut dalam raksa, membentuk paduan amalgam, dan karena emas bertindak hanya sebagai zat terlarut, ini bukanlah reaksi kimia.

Indonesia memiliki beberapa Perusahaan tambang emas yang tersebar di beberapa daerah dan pulau. Salah satunya ada di daerah Sumatera.

BACA JUGA:Luar Biasa, Cadangan Harta Karun Emas di Papua jadi Incaran Perusahaan Asing

Bijih emas di Sumatera memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung pada lokasi dan jenis endapan. Bijih emas di Sumatera dapat ditemukan pada pertambangan emas skala kecil (PESK) dan juga pada pertambangan besar.

BACA JUGA:Bukan Hanya di Bengkulu! Ini Harta Karun Emas Jawa Barat yang Hasilkan 2 Ton Emas per Tahun

Kualitas bijih emas bervariasi, tetapi secara umum, bijih emas di Sumatera memiliki kadar emas yang berbeda-beda tergantung pada lokasi penambangan. Pada pertambangan emas skala kecil, bijih emas dapat ditemukan dalam bentuk batuan primer maupun sekunder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: