Iklan dempo dalam berita

Daftar 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Sumatera Nomor Berapa?

Daftar 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Sumatera Nomor Berapa?

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia--

Kilang minyak Plaju ini bisa dikatakan sebagai kilang minyak tertua yang ada di Indonesia. Kilang minyak Plaju sendiri memiliki dua lokasi kilang yang telah berdiri sebelum negara Indonesia merdeka. 

Kilang minyak Plaju kali pertama didirikan oleh Shell dari Belanda pada tahun 1904. Tak lama berselang, pada tahun 1926, Stanvac asal Amerika Serikat berhasil mendirikan Kilang minyak Gerong. 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Sertifikat Tanah Secara Online, Jangan Sampai Ketipu Mafia Tanah!

Sekarang, dua kilang minyak tersebut digabung menjadi Kilang minyak Plaju yang beroperasi di bawah pengelolaan Pertamina.

Saat ini, Kilang minyak Plaju telah memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 127.300 barel minyak per hari. Salah satu kegiatan utama dari kilang minyak ini adalah melakukan pengolahan minyak mentah. 

BACA JUGA:5 Objek Wisata Air Terjun di Bengkulu Ini Wajib Kamu Kunjungi, Pesona Alamnya Luar Biasa

Selain itu, Kilang minyak Plaju juga mampu mengolah intermediate product hingga menjadi produk jadi. Beberapa produk jadi yang berhasil diproduksi, diantaranya yaitu Premium Kerosene, Solar, Fuel Oil, LPG, Avtur, Pertalite, Pertamax, hingga Pertamax Racing.

BACA JUGA:Daftar 4 Objek Wisata Paling Ramai di Bengkulu dan Dijadikan Tujuan Liburan, Mulai dari Alam hingga Budaya

4. Dumai, Riau

Daerah penghasil minyak di Indonesia keempat yaitu Kota Dumai. Kota Dumai merupakan salah satu daerah yang termasuk ke dalam Provinsi Riau. Kilang minyak yang berada di daerah Dumai ini dikenal dengan nama Kilang Putri Tujuh atau sering disebut juga sebagai Kilang Minyak Sungai Pakning. 

BACA JUGA:Mudah! Begini Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB Jakarta 2024 untuk Jalur Prestasi, Pahami Langkahnya

Kilang minyak terbesar ketiga di Indonesia ini dibawah pengelolaan Pertamina Refinery Unit II Dumai.

Kilang minyak Tujuh terletak di Jalan Raya Kilang Putri Tujuh, Tanjung Palas, Dumai Timur, Kota Dumai, Riau. Kilang minyak yang telah beroperasi sejak tahun 1971 ini memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 127.000 barel minyak per hari. 

BACA JUGA:Jangan Asal Tanam, Ini 6 Hari yang Bagus Bercocok Tanam Menurut Primbon Jawa

Hasil produksi dari Kilang minyak Tujuh sendiri akan didistribusikan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, bahkan juga hingga mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: