Iklan dempo dalam berita

Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu Secara Online Melalui Aplikasi CertiEye, Cek Emas Kamu

Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu Secara Online Melalui Aplikasi CertiEye, Cek Emas Kamu

Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu Secara Online Melalui Aplikasi CertiEye, Cek Emas Kamu--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini cara cek emas asli dan palsu secara online melalui aplikasi certieye, cek emas kamu.

Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (29/5/2024) berhasil mengungkap modus skandal emas swasta yang dicap logo Logam Mulia (LM) Antam. Total ada 109 ton emas ilegal yang beredar.

"Berdasarkan keterangan saksi dan alat bukti yang ditemukan, maka tim penyidik menetapkan 6 orang saksi sebagai tersangka," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi, dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu, (29/5/2024).

BACA JUGA:Heboh Isu 109 Ton Emas Antam Palsu, Ini 7 Cara Cek Keaslian Emas Antam

Atas kejadian ini, Kejagung menetapkan enam orang mantan General Manager Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam sebagai tersangka.

Keenam tersangka diduga telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai GM UBPP LM PT Antam dengan melakukan aktivitas ilegal terhadap jasa manufaktur. Mereka melakukan kegiatan peleburan, pemurnian, dan pencetakan logam mulia, yang tidak sesuai dengan aturan Antam

Sementara itu, pihak Antam menegaskan bahwa isu ada 109 ton emas Antam palsu yang beredar di masyarakat dalam kurun waktu 2010-2021 tidak benar.

BACA JUGA:Awas Emas Palsu, Ini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu dengan Tepat

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Antam menjamin keaslian dan kemurnian seluruh produk emas logam mulia yang diproduksi melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.

Oleh karena itu, seluruh produk emas merek Logam Mulia ANTAM yang beredar di masyarakat adalah asli dan terjamin kadar kemurniannya.

"Adapun 109 ton produk emas logam mulia yang diperkarakan oleh Kejaksaan dianggap berkaitan dengan penggunaan merek LM ANTAM secara tidak resmi, sementara produknya sendiri merupakan produk asli yang diproduksi di pabrik ANTAM," katanya.

BACA JUGA:Heboh Soal Produksi 109 Emas Palsu, Ini 7 Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu yang Wajib Diketahui

Antam juga telah memberikan informasi cara mengenali emas produksi Antam. Di website resminya, Antam menjelaskan bahwa emas murni memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau disebut juga dengan fineness dan bobot gram dari emas tersebut.

Produk emas ANTAM LM CertiCard memiliki kemasan anti debu. Kemasan Emas CertiCard ANTAM LM ini juga bisa menjadi salah satu bukti keaslian Emas tersebut. CertiCard bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk menggunakan aplikasi CertiEye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: