Iklan dempo dalam berita

Ribuan Ayam Kampung Berhamburan di Desa Penago Baru

Ribuan Ayam Kampung Berhamburan di Desa Penago Baru

--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu Program Ketahanan Pangan Nasional yang dilakukan Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo, yakni dengan membagian ribuan ekor ayam untuk memprioritaskan peningkatan ketersediaan, akses, serta kualitas konsumsi pangan, pada Kamis siang (6/6/2024).

 

Pembagian jatah ayam kampung ini dilakukan pemerintah desa di Balai Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo.

BACA JUGA:Waduh, Lima Mahasiswi PTS di Bengkulu Jadi Korban Laki-laki Teman Kampusnya

Kades Penago Baru Kecamatan Ilir Talo, Salikin, mengatakan kegiatan ini salah satu guna mendukung program ketahanan pangan Nasional, dengan berupaya mendorong proyek Food Estate atau Lumbung Pangan Nasional di sejumlah daerah.

 

Setelah tahun sebelumnya, membagikan 82 ekor Kambing Etawa, tahun ini Desa Penago Baru membagikan 1.822 ekor ayam kampung kepada 335 KK.

BACA JUGA:Rezeki Lancar! Ternyata Ini 10 Tanaman Pembawa Berkah, Apakah Kamu Sudah Punya?

Ayam kampung yang dibagikan ini jenis Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB), dengan alokasi anggaran Dana Desa sebesar Rp 148.133.000. Masing-masing kepala keluarga mendapat bantuan ayam KUB sebanyak 6 ekor.

 

"Alhamdulillah, kalau tahun lalu kita bagikan 82 ekor kambing etawa, kalau program ketahanan pangan tahun ini kita bagikan 1.822 ekor ayam, masing-masing KK kita berikan 6 ekor ayam KUB," terang Salikin.

BACA JUGA:Rakyat Sumatera Heboh Pemadaman Listrik, Ini Syarat untuk Mendapatkan Kompensasi dari PLN

 

Untuk diketahui ayam KUB, merupakan singkatan dari Ayam Kampung Unggul Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Ayam KUB adalah ayam Kampung Unggul yang merupakan hasil seleksi dari rumpun ayam kampung selama 6 generasi. Kriteria seleksi yang dilakukan adalah peningkatan produksi telur dengan mengurangi sifat mengeram.

BACA JUGA:Warga Lampung Wajib Tahu, Ini Syarat Pemutihan Pajak Motor Lampung, Buat Persiapan!

Ayam KUB ini mulai dikembangkan di banyak daerah di wilayah Sumatera, dan diakui lebih unggul dari ayam kampung biasa.

 

Syarat warga setempat untuk memperoleh bantuan ayam KUB ini, harus membawa KK masing-masing. Sejumlah warga setempat merasa terbantu dengan adanya bantuan ayam KUB ini, untuk dapat diternak dan dibudidayakan.

BACA JUGA:Tidak Pernah Sakit, Apakah Iuran BPJS Kesehatan Bisa Dicairkan? Begini Jawabannya

"Alhamdulillah mas, tahun ini dapat bantuan ayam, mudah-mudahan nanti berkembang biak makin banyak, bisa untuk menambah kebutuhan rumah tangga," tutur Nisiawati.

 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: