Iklan RBTV Dalam Berita

Harga Kos Mahasiswa di Yogyakarta, Lokasi Dekat Kampus, Ada yang Ratusan Ribu per Bulan

Harga Kos Mahasiswa di Yogyakarta, Lokasi Dekat Kampus, Ada yang Ratusan Ribu per Bulan

Biaya sewa kos mahasiswa di Yogyakarta--

Lokasi terakhir yaitu Babarsari yang dekat oleh kampus UPNVY dan kampus swasta lainnya seperti UAJY. Kawasan ini juga banyak diminati mahasiswa baru karena strategis dan dekat kampus.

Alasan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta memilih kos di wilayah ini karena dekat kampusnya. Harga sewanya sebesar Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu per bulan.

"Kosan aku di harga 600 ribu sampai 800 ribu per bulannya, fasilitas yang didapat itu ada free listrik, kamar isian, dan kamar mandi luar," jelasnya.

Selain itu, salah satu pemilik kos di belakang kampus UAJY mengaku harga kos di wilayah itu antara Rp 800 ribu, Rp 900 ribu dan Rp 1,3 juta. 

BACA JUGA:Fresh Graduaate Persiapkan Syaratnya, Ini Formasi CPNS Kejaksaan 2024 untuk Kalian

Setiap kamar semua sudah isian dan kamar mandi dalam, tetapi belum termasuk listrik. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang membedakan harganya.

"Harga 800 ribu hanya isian (kasur, lemari, meja, kursi) tanpa AC atau kipas. Untuk kamar 950 ribu sama seperti sebelumnya namun furniture berbeda serta kamar yang lebih luas, terakhir kamar 1,3 ini juga sama isian namun lebih luas dan sudah ada AC," paparnya.

Ia juga menegaskan bahwa harga kos di sekitarnya juga sama seperti miliknya, tetapi yang pasti fasilitas bersama dan keamanan yang membuat harga kos bervariasi.

"Harga kosan di sekitar juga kurang lebih sama, yang membedakan hanya fasilitas umumnya saja, seperti jemuran, mesin cuci, ruang tamu, dan sebagainya yang bikin harga kos lebih mahal," lanjutnya.

BACA JUGA:Ini Resep Daging Sapi Bumbu Iris yang Menggoyang Lidah, Cocok Untuk Rayakan Idul Adha 2024

Tips Cari Kos di Yogyakarta

Asya mengungkapkan bahwa yang diperhatikan pertama kali saat mencari kos adalah fasilitas yang dibutuhkan.

"Yang perlu diperhatikan mahasiswa baru saat cari kosan menurutku itu fasilitasnya sih. Mending pilih kosan yang isian daripada kosongan karena kalau pindahan nanti ribet," kata Asya.

Tak hanya itu, salah satu mahasiswa dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang memilih kos di Babarsari mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu mahasiswa baru perhatikan saat mencari kosan.

BACA JUGA:Ternyata Ada 3 Golongan Jin, Mulai dari yang Bisa Terbang Hingga Menjadi Jelmaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: