Iklan dempo dalam berita

Terkuak! Ini Alasan Perusahaan Asing Tidak Mau Investasi di Indonesia

Terkuak! Ini Alasan Perusahaan Asing Tidak Mau Investasi di Indonesia

Alasan perusahaan asing tidak mau berinvestasi di Indonesia--

Proses perizinan yang panjang dan berbelit-belit, termasuk dalam pembebasan lahan, sering kali menjadi hambatan bagi investor untuk masuk ke pasar Indonesia.

3. SDM yang Tidak Sesuai Kualifikasi

Kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia juga menjadi perhatian. Talenta atau SDM yang ada sering kali tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan asing. 

BACA JUGA:Berapa Gaji Pantarlih Pilkada 2024? Segini Nominalnya yang Ditetapkan KPU RI

Hal ini membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pelatihan dan pengembangan SDM, yang pada akhirnya meningkatkan biaya operasional mereka di Indonesia.

4. Prioritas Investasi ke Tiongkok

Selain itu, kebijakan pemerintah Indonesia yang cenderung memberikan prioritas kepada investasi dari Tiongkok juga menjadi faktor penghambat. 

Investasi dari Tiongkok meningkat secara signifikan, dari USD 2,6 miliar pada tahun 2016 menjadi USD 8,2 miliar pada tahun 2022. 

Sektor-sektor seperti infrastruktur, hilirisasi nikel, dan mobil listrik banyak mendapatkan prioritas dari Tiongkok, yang membuat negara lain mencari tujuan investasi lain.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 25 -100 Juta, Ini Cara Menghitung serta Tips agar Pinjaman Cepat Cair

5. Alternatif Solusi: Brownfield Projects

Destry Damayanti mengusulkan solusi dengan mengarahkan investor ke proyek brownfield atau membeli proyek yang sudah ada untuk segera menghasilkan produksi. 

Banyak proyek brownfield yang sudah siap dan bisa ditawarkan kepada investor, sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk memulai proyek dari awal.

Daftar Perusahaan Asing yang Berkembang di Indonesia

Meskipun ada sejumlah tantangan, banyak perusahaan asing yang berhasil berkembang di Indonesia. Berikut adalah daftar beberapa perusahaan asing yang telah beroperasi dan berkembang di Indonesia beserta asal negaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: